DPRD Pekanbaru Ingatkan Pasar Cikpuan, Jangan Sampai Dikuasi Kapital
Cari Berita

Advertisement


DPRD Pekanbaru Ingatkan Pasar Cikpuan, Jangan Sampai Dikuasi Kapital

Rabu, 19 Mei 2021

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi PKS, Rois, mengaku khawatir dengan rencana Pemko Pekanbaru yang akan melanjutkan pembangunan pasar cikpuan dengan menyerahkannya kepada pihak ketiga.


Dia berharap, pasar cikpuan merupakan ikon Kota Pekanbaru pada zaman sebelumnya, harus dibangun dengan menggunakan konsep tradisional agar sentra ekonomi masyarakat Pekanbaru kembali hidup.


"Kita ingin menghidupkan ekonomi kerakyatan. Tapi saya khwatir jika dikelola pihak ketiga, ini standarnya akan berbeda. Tentu lebih ke pasar modern. Nanti yang diuntungkan pengusaha yang kapital, tentu teman-teman yang punya usaha UMKM akan jadi penonton lagi," kata Rois, Rabu (19/5).


Diketahui, Pemko Pekanbaru berencana melanjutkan pembangunan pasar cikpuan pasca diserahkannya aset Pasar Cik Puan ke Pemko Pekanbaru oleh Pemprov Riau.


Pemko Pekanbaru, tengah melakukam kajian sebelum menentukan apakah pembangunan lanjutan Pasar Cik Puan diserahkan ke investor atau kembali dibangun menggunakan APBD Pekanbaru.


"Harusnya, rencana Pemko buat saja konsep tradisional. Karena pasar cikpuan ini berada ditengah kota. Semua pedagang disana di rangkul, dan sewa kios juga terjangkau. Tetapi jika dibangun konsep modern dan dikelola swasta, ini saya pesimis," pungkasnya.***