Bupati dan Kapolres Siak Langsung Pimpin Random Rapid Test Bagi Masyarakat di Tualang
Cari Berita

Advertisement


Bupati dan Kapolres Siak Langsung Pimpin Random Rapid Test Bagi Masyarakat di Tualang

Jumat, 28 Mei 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Polres Siak bersama Pemkab Kabupaten Siak kembali melaksanakan kegiatan Random rapid test antigen bagi masyarakat. 


Pelaksanaan rapid test antigen disasarkan kepada masyarakat di Kecamatan Tualang yang kedapatan berkumpul di sejumlah Kafe seputaran Kota Perawang, Kecamatan Tualang pada Jumat ( 28/05/2021 ) malam. 


Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahadiyanto, SIK, MH mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna memutus penyebaran Covid - 19 di wilayah Kabupaten Siak. 


"Kegiatan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat, terutama bagi warga yang masih didapati berkerumun di seputaran Kecamatan Tualang," ucap AKBP Gunar.


Lanjut AKBP Gunar mengatakan bahwa semua usaha saat sekarang ini dilakukan untuk memutus penyebaaran Covid - 19 di Kabupaten Siak. 


"Kabupaten Siak masih dalam zona orange penyebaran Covid - 19. Untuk itu kita mengimbau kepada seluruh masyarakat selalu patuhi protokol kesehatan serta menerapkan 5 M. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas dan interaksi. Kita berdoa bersama mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan kita dapat hidup normal kembali," ajak AKBP Gunar.


Pada kesempatan itu juga Bupati Siak, Drs. H. Afedri, M.Si mengatakan, kalau ada yang hasil rapidnya reaktif petugas akan langsung membawa dengan menggunakan abulance yang sudah disiapkan mejuju ke rumah sakit tipe D Kecamatan Tualang untuk dilakukan swab antigen. Kemudian besok paginya dilanjutkan dengan treking terhadap keluarganya. 


"kKta mengharapkan seluruh pemilik restoran kafe untuk mematuhi instruksi menteri dalam negeri nomor 11 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro bahwa tempat yang menjual makanan berupa restoran itu boleh beroperasi sampai pukul 21.00 Wib. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan hanya kapasitas 50%. Dan lewat pukul 21.00 Wib itu boleh beroperasi, tapi take away atau dibawa pulang", terang Bupati Siak.


Lanjut Alfedri ingatkan untuk mengedukasi sekaligus juga untuk bagaimana menegakkan disiplin pada masyarakat mungkin akan dilanjutkan juga di tempat-tempat lain di kecamatan lain se-Kabupaten Siak. 


"Setelah Tualang mungkin nanti bisa itu di Kandis atau bisa di Sungai Apit. Karena di Siak sudah dilakukan oleh Satgas Kabupaten yang dipimpin oleh Pak Kapolres langsung yang dilaksanakan di siang hari. Kemudian untuk harapan kita bersama, bagaimana mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan bisa dilaksanakan dengan baik," tutup Alfedri.


Dari ratusan orang yang dilakukan rapid test di beberapa lokasi, 2 orang dianyatakan reaktif dan langsung dibawa menuju Rumah Sakit Kecamatan Tualang. ***