Bupati Alfedri Tinjau Vaksinasi Massal di Sungai Apit
Cari Berita

Advertisement


Bupati Alfedri Tinjau Vaksinasi Massal di Sungai Apit

Senin, 17 Mei 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Bupati Siak, Alfedri meninjau vaksinasi massal masyarakat dan perangkat kampung di Kecamatan Sungai Apit, (17/5/2021). Peninjauan itu didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Tony Chandra. 


Setibanya Bupati Alfedri di lokasi pertama tempat pelaksanaan vaksinasi, ia menyapa satu persatu warga yang hendak divaksin sambil mengucapkan salam. 


"Apa kabar bapak ibu, sehat semuakan. Minal Aidin wal Faidzin, Mohon maaf lahir. Kalau sudah divaksin nanti pulang kerumah, sampaikan kepada keluarga dan tetangga yang belum divaksin, bahwa vaksin ini aman dan tidak memiliki efek samping," ajaknya.


Karena, kata dia, vaksin ini sudah diakui MUI kehalalannya dan lulus uji BPOM. "Vaksin ini menambah daya tahan tubuh dan tujuannya menyelamatkan dan melindungi jiwa manusia dari wabah Covid-19," jelasnya.


Pelaksanaan vaksinasi secara massal di Kecamatan Sungai Apit dilaksankan di 4 (empat). Titik pertama di Puskesmas Kampung Mengkapan, Kampung Harapan, Teluk Batil dan Rawa Mekar Jaya dengan target vaksinasi untuk 800 warga. 


"Target kita vaksinasi hari ini di Sungai Apit 200 untuk satu kampung jumlahnya 800 orang yang tersebar di 4 titik. Prioritas vaksinasi hari ini para lansia, kemudian perangkat kampung sampai ke tingkat RT dan RW,  imam mesjid yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti para pedagang dan tokoh masyarakat," terangnya.


Ia menyampaikan, periode ini ada 13.800 vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat. Pada tanggal 20-21 Mei 2021 akan dilaksanakan vaksinasi serentak di seluruh kecamatan.


"Hari ini merupakan hari ketiga kita melaksanakan vaksinasi secara massal setelah Kota Siak, Tualang dan hari ini di Sungai Apit. Rabu depan menyusul di kecamatan Dayun dan target kita periode ini ada 13.800 vaksin yang akan diberikan ke masyarakat, sudah terlaksana 4.000 lebih," ungkapnya.


Ia berharap, dengan meningkatnya angka vaksinasi yang dilakukan dapat mengurangi angka penularan Covid-19 di Kabupaten Siak. Ia juga menyampaikan pascalebaran terjadi penurunan kasus Covid-19.


"Pascalebaran Idul Fitri kasus positif Covid 19 mengalami penurunan dari 560 kasus seminggu sebelum lebaran. Saat ini tinggal 400 kasus, diikuti dari zona merah, sekarang zona orange dan harapan kita bisa menjadi hijau," tutupnya. ***