Arab Saudi Izinkan Masuk Turis dari 11 Negara, Indonesia Belum Boleh Masuk
Cari Berita

Advertisement


Arab Saudi Izinkan Masuk Turis dari 11 Negara, Indonesia Belum Boleh Masuk

Senin, 31 Mei 2021

Petugas memeriksa suhu penumpang di Bandara Internasional Riyadh, Arab Saudi, 31 Mei 2020. int


RIYADH, PARASRIAU.COM - Pemerintah Arab Saudi mulai Minggu (30/5/2021) telah memberikan izin masuk kepada turis atau wisatawan dari 11 negara termasuk Uni Emirat Arab (UEA), AS dan Inggris. Namun untuk Indonesia sendiri belum termasuk dalam daftar negara yang mendapat izin tersebut.


Kabar itu disampaikan kantor berita SPA dengan mengutip sumber dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Sabtu (29/5/2021). Selain UEA, AS dan Inggris, wisatawan asal negara lain yang sudah mendapat lampu hijau untuk melakukan perjalanan ke negeri padang pasir itu adalah Jerman, Irlandia, Italia, Portugal, Swedia, Swiss, Prancis dan Jepang.


Menurut SPA, sumber tersebut mengatakan bahwa keputusan untuk mencabut larangan perjalanan dibuat berdasarkan informasi yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Badan PBB itu menilai kesebelas negara yang disebutkan di atas dapat secara efektif mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19.


Kendati demikian, para wisatawan yang datang dari 11 negara itu masih harus dikarantina setibanya di Saudi.


Pada Februari lalu, pihak berwenang Arab Saudi melarang masuknya para pelancong dari 20 negara, termasuk Indonesia dan 11 negara itu. Larangan perjalanan tak berlaku bagi warga negara Saudi, para diplomat, tenaga profesional kesehatan, beserta keluarga mereka.


Kerajaan Timur Tengah itu secara resmi mencabut penangguhan perjalanan terhadap warganya yang hendak bepergian ke luar negeri. Negara itu juga mulai membuka perbatasan darat, laut dan udaranya pada 17 Mei.


Pada Kamis (27/5/2021), Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) mengumumkan dimulainya kembali kegiatan hiburan untuk orang-orang yang telah divaksinasi Covid-19. pr2


Editor: M Ikhwan