Dukung Program BKKBN, Bupati Kampar dan Istri Terima Petugas Pendataan di Kediaman Pribadi
Cari Berita

Advertisement


Dukung Program BKKBN, Bupati Kampar dan Istri Terima Petugas Pendataan di Kediaman Pribadi

Kamis, 01 April 2021


TAPUNG, PARASRIAU.COM - Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto didampingi Istri Hj. Muslimawati, Kamis (1/4) menerima kader petugas pendataan lapangan di kediaman pribadinya di Desa Sungai Lembu Makmur, Kecamatan Tapung, Kamis (1/4). 


Adapun Pendataan Keluarga 2021 dimulai pada 1 April 2021 sampai 31 Mei 2021. Yang mana, program ini merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat.


Bupati Kampar mengharapkan kepada kepala desa/kelurahan, RT dan RW untuk dapat membantu program ini sehingga terlaksana pendataan yang valid sesuai nama dan alamat (by name by adres), sehingga nantinya dipereh data demografi, data keluarga berencana, data keluarga sejahtera, data anggota keluarga di setiap wilayah, hasil pelaksanaan program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga yang dapat digunakan untuk kepentingan operasional pembangunan keluarga maupun pembangunan lainnya.


"Dengan pendataan ini kita dapat memperoleh data yang menyeluruh dan valid, yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan berbagai hal dimasa yang akan datang," ungkap Catur.


Selain itu Bupati Kampar juga menyampaikan bahwa sasaran Pendataan Keluarga 2021 ini akan menyeluruh di wilayah Kabupaten Kampar, dimana jumlah penduduk Kampar sebanyak 841.330 orang, jumlah kepala keluarga 227.461 (KK) dengan jumlah kader pendataan 1.488 orang yang tersebar di 250 desa dan kelurahan di 21 kecamatan yang ada, dimana setiap 150 KK maksimal dihandle oleh satu orang petugas pendataan dan setiap desanya diawasi dan dikontrol oleh satu orang supervisor menggunakan pola pendataan sistem online via smartphone dan manual.


"Pemerintah juga mengucapkan terimakasih kepada kader maupun masyarakat yang telah memberikan data yang valid. Mari kita sukseskan pendataan keluarga berencana tahun 2021 di Kabupaten Kampar," ungkap Catur.


Dalam kesempatan ini Bupati Kampar juga menyampaikan, melalui kegiatan Pendataan Keluarga 2021 ini juga akan didapatkan jumlah keluarga balita yang rentan mengalami stunting. Ia menambahkan, keluarga rentan inilah yang akan menjadi sasaran prioritas nantinya dalam kegiatan pencegahan stunting di Kabupaten Kampar. "Tahun 2021 ada 19 locus stunting yang sama kita lakukan pencerahan dan penanganannya di Kabupaten Kampar," ungkap Catur. 


Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (DPPKBP3A) Edi Afrizal kembali mengingatkan kepada masyarakat agar disaat petugas pendataan datang, untuk dapat memberikan data yang benar, akurat dan lengkap kepada kader. Kepada kader yang mendatangi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara disiplin melaksanakan 3 M sesuai Protokol Kesehatan Covid-19. (**)


Editor: M Ikhwan