Banjir, DPRD Pekanbaru Desak Pemko Lakukan Normalisasi
Cari Berita

Advertisement


Banjir, DPRD Pekanbaru Desak Pemko Lakukan Normalisasi

Senin, 26 April 2021

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Tingginya intensitas hujan sejak beberapa hari, membuat sejumlah kawasan terendam banjir. Melihat kAtas dasar itu, DPRD Pekanbaru meminta pemerintah Kota Pekanbaru, untuk segera melakukan normalisasi sungai serta membantu para korban  banjir. 


Disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, H Ervan, Senin (26/4). Menurutnya, masih berada dalam kondisi pandemi saat ini, masyarakat harus dihadapkan dan direpotkan dengan kehadiran banjir yang datangnya tak pernah tak terduga. Selain merendam sejumlah ruas jalan, banjir  juga merendam banyak perumahan warga serta sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan rumah ibadah. 


Ia juga menyebutkan bahwa dirinya juga mengaku heran, tingginya hujan, dan mengakibatkan banjir. Tetapi, apakah ada warga yang berada di pinggiran sungai Siak justru tidak mengalami banjir. 


"Dalam waktu dekat, kita akan segera memanggil pihak BPBD Pekanbaru, untuk melihat penanganan banjir. Jadi apa saja yang telah diberikan kepada masyarakat korban banjir, "ujar Ervan. 


Meski Kota Pekanbaru memiliki Perda penyelenggaraan bencana bencana, namun DPRD Pekanbaru kedekatan pemko untuk melakukan normalisasi aliran Sungai Sail dan Sungai Siban karena beban banjir.


Sementara itu, Kepala BPBD Pekanbaru, Zarman Candra menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap beberapa daerah yang rawan banjir. Selain itu, evakuasi serta bantuan kepada korban juga sudah diberikan. 


"Ya kita sudah memberikan bantuan bagi korban banjir, dan BPBD juga telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang terkena banjir, "pungkasnya. ***