Sering Didatangi Wargad, Penghulu di Rohil Mengaku Resah
Cari Berita

Advertisement

Sering Didatangi Wargad, Penghulu di Rohil Mengaku Resah

Kamis, 04 Maret 2021


BAGANSIAPIAPI, PARASRIAU.COM - Penghulu atau Kepala Desa di Kabupaten Rokan Hilir mengaku resah. Keresahan itu karena sering didatangi wartawan gadungan (wargad) bermodus kasus, yang ujung-ujungya mengarah pada pemberitaan tendensius.


Kuswadi, Penghulu Rokan Baru, Kecamatan Pekaitan melalui panggilan suara WA stafnya, Kamis (4/3/21) mengaku sering didatangi wartawan yang kurang netral dalam membuat berita.


"Sang wartawan hanya mengungkit-ngungkit permasalahan di kepenghuluan yang tidak begitu mendapat perhatian. Sementara kebaikan dan keberhasilan kepenghuluan malah dikaburkan.

Keresahan itu sampai diminta untuk menerbitkan hak jawab atas pemberitaan sebelumnya, malah kurang dilayani dengan baik, sehingga mengharuskan penghulu itu berkomunikasi dengan pihak kepolisian dan Persatuan Wartawan  Indonesia (PWI) Rokan Hilir," keluhnya.


Terkait hal ini, Ketua PWI Rohil, Noprio Sandi, ST, M.I.Kom meminta organisasi pers yang ada (baik yang diakui Dewan Pers maupun yang belum diakui, red) melakukan pembinaan terhadap anggotanya, terutama menyangkut kode etik.


"PWI siap melakukan pendampingan bagi penghulu yang menjadi korban wartawan gadungan dan khusus untuk Kepenghuluan Rokan Baru akan mengutus wartawan melakukan investigasi.

Seandainya, masih terus berlanjut dan semakin menjadi-jadi, pihak kepenghuluan diminta melaporkan saja tingkah laku wartawan tersebut kepada polisi," tegassnya. (rls)


Editor: M Ikhwan