Kapolresta Pekanbaru Launching Drive Thru dan Aplikasi Presisi Polsek Tampan
Cari Berita

Advertisement


Kapolresta Pekanbaru Launching Drive Thru dan Aplikasi Presisi Polsek Tampan

Rabu, 24 Maret 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH melaunching Drive Thru dan Aplikasi Presisi Polsek Tampan, Rabu (24/03).



Acara launching dihadiri Kasat Sabhara Polresta Pekanbaru Kompol Pauzi, Kapolsek Tampan Kompol H Ambarita SH SIK MH, Kasat Binmas Polresta Pekanbaru AKP Supriyanto, Camat Tuah Madani Abdul Barri SIP, seluruh Lurah Kecamatan Tuah Madani dan Sekcam Bina Widya Defna Leony SIP MSi.


Hadir juga dalam acara seluruh Lurah Kecamatan Bina Widya, Danramil yang diwakilkan oleh Pelda Tambunan, Babinsa Kelurahan Bina Widya Koptu Wahyudin, Babinsa Kelurahan Sialang Munggu Serda Fauzi, dan Ketua FKPM Kelurahan Simpang Baru, Arman.


Sebelum Drive Thru dan Aplikasi Presisi Polsek Tampan dilaunching, Kapolresta melakukan prosesi pemotongan pita sembari disambut Tari Persembahan oleh Polwan Polsek Tampan.


Selanjutnya, Kapolresta dipersilahkan melihat kondisi ruangan Drive Thru, Pelayanan Self Service dan menyaksikan pemutaran video pendek pelayanan Drive Thru tentang pelayanan SKCK dan laporan kehilangan barang.


Dalam sambutannya, Kapolresta memberikan apresiasi tinggi kepada Polsek Tampan yang telah membuat pelayanan publik secara maksimal dimasa pandemi saat ini. Hal tersebut sesuai kebijakan Kapolri tentang perubahan teknologi Kepolisian yang modern dalam era industri 4.0 saat ini.


"Secara pribadi dan atas nama Kapolresta, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolsek Tampan dan Jajarannya, yang sudah menyediakan terobosan baru dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat tentang pengurusan SKCK dan laporan kehilangan barang lewat Aplikasi Presisi Polsek Tampan yang saat ini kita resmikan," ujar Kapolresta.


Dikatakan Kapolresta, terobosan baru dalam pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan Polsek Tampan ini, tidak lain mempermudah pelayanan publik untuk mengurusan SKCK dan laporan kehilangan barang disaat masa pandemi covid-19 yang masih mengintai masyarakat serta mengurangi kerumunan yang terjadi.


"Keberadaan inovasi baru ini dapat mempermudah pelayanan masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani, bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat di saat masa pandemi ini, tanpa harus mendatangi ruang pelayanan di Mapolsek Tampan," ucap Kapolresta


Selain menyediakan Aplikasi Presisi Polsek Tampan lanjut Kapolresta, di lokasi pintu masuk Drive Thru, juga disediakan tempat pelayanan aplikasi bagi masyarakat yang tidak memiliki aplikasi atau ponsel android.


"Disana sudah sediakan alat-alat komputerisasi atau gawai, serta info-info tentang pelayanan SKCK dan Laporan Kehilangan Barang, sehingga meski masyarakat tidak memiliki ponsel android, di loket pelayanan bisa dilakukan secara langsung untuk membuat surat SKCK dan Laporan kehilangan barang yang sudah disediakan di lokasi pintu masuk drive thru," beber Kapolresta.


Kapolresta juga menyebutkan keberadaan aplikasi Presisi Polsek Tampan tersebut, selaras dengan peningkatan pelayanan SKCK Polresta yang baru-baru ini telah meraih pelayanan prima juara I di tingkat Nasional dari Kemenpan RB belum lama ini. 


"Sehingga terobosan ini harus dipertahankan dan inovasi ini layak mendapat apresiasi yang tinggi, guna mendukung program Polri yang Presisi," pungkas Kapolresta.   


Tidak sampai disitu lanjut Kapolresta Pekanbaru, inovasi tersebut juga mendukung 100 hari program Kapolri, salah satunya peningkatan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat secara transpormasi dalam mendukung Polri yang Presisi atau prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan.


Kapolresta berharap keberadaan aplikasi Presisi Polsek Tampan tersebut, agar terus dipertahankan dan tidak hanya untuk bersifat sementara saja, bahkan diharapkan lebih ditingkatkan lagi kualitas pelayanan tersebut. 


"Sementara bagi Polsek-Polsek lainnya, diharapkan ikut serta dalam mendukung pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi digital saat ini," harap Kapolresta.


Menurut Kapolresta, dengan adanya layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi tersebut, setidaknya masyarakat dapat terbantu dan memudahkan masyarakat untuk mendapat pelayanan terbaik dari Kepolisian.


"Karena bagaimana pun, kita sebagai pelayan masyarakat harus siap melayani masyarakat dengan baik. Ibarat seperti Raja, kita sebagai aparatur memiliki tugas dan tanggungjawab, dalam melayani masyarakat," pungkas Kapolresta. 


Pantauan, usai menyampaikan sambutan Kapolresta, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan disusul dengan acara foto bersama serta Pres Release dengan wartawan.


Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB tersebut berlangsung lancar, tertib dan terkendali, hingga tuntas sekira pukul 10.30 Wib, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.(*)


Editor: M Ikhwan