Gubri, Danrem 031/WB dan Kapolda Riau Hadiri Panen Raya di Kabupaten Rohil
Cari Berita

Advertisement


Gubri, Danrem 031/WB dan Kapolda Riau Hadiri Panen Raya di Kabupaten Rohil

Selasa, 30 Maret 2021


ROKANHILIR, PARASRIAU.COM - Pemda Rohil yang langsung dipimpin Bupati Rohil H. Suyatno bersama Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rakhman Wahyudi,SIP, MI.Pol serta Forkopimda, Selasa (30/3) menyambut keehadiran Gubri Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M. Han dan Kepala Bulog Riau-Kepri, Bahtiar Sekar dalam rangka menghadiri kegiatan Panen Raya bersama.


Kegiatan tersebut dipusatkan di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kabupaten Rohil. Rombongan Gubri dan Danrem yang datang menggunakan helikopter langsung menuju ke lokasi Panen Raya Semangka dan mencicipi hasil Panen Semangka. Dan dilanjutkan dengan peresmian Kilang Padi Bumdes Mekar Sari Jaya yang bekerja sama dengan Primer Koperasi Kartika Rohil Kodim 0321/Rohil. Setelah itu rombongan langsung menuju lokasi Panen Raya Padi yang merupakan pokok acara.


Bupati Rohil dalam sambutannya menyampaikan bahwa lahan yang berada didepan para undangan kurang lebih seluas 500 Ha yang sebagian merupakan tanah timbul dan dimanfaatkan  masyarakat. 


"Sedangkan luas panen padi yang akan diaksanakan hari ini yaitu seluas 186 Ha. Dimana sebelumnnya kami juga sudah pernah melaksanakan panen perdana seluas 350 Ha,” ujarnya. 


Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau atas sumbangan keuangan yang diberikan untuk pembangunan kilang padi milik Bumdes yang tadi telah diresmikan oleh bapak Gubri. Juga jembatan Pekaitan yang sudah siap dibangun yang juga merupakan bantuan bapak Gubri," jelasnya.


Sementara itu, Gubri Syamsuar menyampaikan rasa bangga karena peningkatan lahan yang semakin luas untuk bertani padi khususnya di wilayah Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir.


"Selamat untuk petani, saya sangat bangga sekali, karena pada panen raya pertama dulu saya datang kesini hanya 133 hektare, tapi datang kali ini untuk panen raya padi sebanyak 350 hektare," kata Syamsuar.


Diungkapkannya, dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan ini menang harus ada upaya lebih serta kerja keras seperti sinergitas antara masyarakat, pemerintah, dan instansi terkait supaya lebih berkembang.


"Artinya, dengan peluasan lahan yang sedemikian terus meningkat tentunya masyarakat merasa tertandang dengan situasi yang ada disini," ucapnya.


Ia menceritakan bahwa berdasarkan informasi dari Penghulu setempat peningkatan lahan padi didesa tersebut berasal dari kebun sawit, namun berkebun sawit tidak terlalu menghasilkan dan tidak memuaskan bagi masyarakat.


"Alhamdulillah dengan tanaman padi hasilnya menggembirakan," pungkasnya.


Danrem 031/Wira Bima dalam sambutannya juga menyampaikan sangat bersyukur dan menyambut gembira kegiatan panen raya di Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan, Rohil hari ini karena ini merupakan panen raya yang ketiga.


Danrem juga berharap semoga hasil panen ini kian menambah motivasi petani untuk lebih meningkatkan luas tanaman maupun hasil panen padi perhektar. 


"Hal yang perlu diapresiasi yaitu peningkatan perluasan lahan yang sangat signifikan yang dikelola secara manual tanpa membakar lahan serta penanaman padi tanpa pupuk kimia. “Kedepan Korem 031/Wira Bima beserta Kodim jajaran akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan pertanian bekerja sama dengan Pemda dan dinas pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Riau," tutupnya. pr2


Editor: M Ikhwan