Cek Keberadaan IPAL, Komisi IV Sidak RSIA Andini dan RS Prima Pekanbaru
Cari Berita

Advertisement

Cek Keberadaan IPAL, Komisi IV Sidak RSIA Andini dan RS Prima Pekanbaru

Senin, 15 Maret 2021

Komisi IV DPRD Pekanbaru saat melihat langsung keberadaan IPAL di RSIA Andini Pekanbaru


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Komisi IV DPRD Pekanbaru melalukan inspeksi mendadak ke dua rumah sakit berbeda yaitu Rumah Sakit Ibu  dan Anak (RSIA) Andini dan Rumah Sakit Prima yang berada di Jalan Tuanku Tambusai Kota Pekanbaru, Senin (15/3)


Kegiatan sidak tersebut dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono didampingi Wakil Ketua Wan Agusti beserta anggota lainnya Ali  Suseno, Ruslan Tarigan, Roni Pasla, Hj Masni Ernawati, Robin Eduar, Nurul Ikhsan, dan Zulfahmi.


Adapun kegiatan sidak tersebut guna melihat langsung sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari RSIA Andini dan RS Prima.


Usai sidak, Ketua komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono mengatakan bahwa kunjungan Komisi IV DPRD Pekanbaru bertujuan melihat sistem  instalasi dan instalasi dari rumah sakit, pengecekan satu per satu IPAL rumah sakit.


"Temuan kita tidak ditemukan kali ini tidak ditemukan apa-apa. Selanjutnya, kita akan kembali ke dua rumah sakit ini untuk mendengar bersama Komisi IV untuk mencari solusi terbaik. Seperti apa permasalahan di rumah sakit itu. Karena ini salah satunya untuk menjaga kesehatan bersama. Kita akan minta denah instalasi, kamar mandi, limbah sampai limbah akhirnya seperti apa, "katanya.


Politisi Demokrat ini memberikan apresiasi terhadap RS Prima Pekanbaru yang sudah organisasi IPAL Rumah Sakit dengan baik ditambah dengan teknik membuat kolam resapan seperti ternak ikan. Hal ini menaklukkan sebagai langkah membantu Pemko Pekanbaru dalam mengatasi masalah banjir yang ada di Kota Pekanbaru.


"Kita sama sama-sama lihat di RS Prima tadi, dalam sistem air limbah mereka itu ada membuat percontohan semacam ternak ikan. Jadi, maunya kita seluruh Rumah Sakit seperti itu. Sebelum dibuang akhir, ada semacam kolam buat resapan ini, "terangnya.


Sementara itu, Manajer Pemasaran RS Prima Pekanbaru Adi Darma yang langsung menyambut kedatangan rombongan Komisi IV DPRD Pekanbaru, sangat berterimakasih atas kunjungan para legislatif. 


"Kita dapat menghargai dari Komisi IV DPRD atas kehadirannya di RS Prima. Kita tetap mengikuti aturan-aturan dan perundangan yang ada sehingga IPAL kami tetap dijalankan sesuai aturan, "katanya.


Dikatakan Adi, RS Prima Pekanbaru saat ini sudah mengikuti dan memenuhi semua kelengkapan Standar Operasinal Prosedur (SOP) dan aturan yang siap.Sejauh ini (SOP) sudah memadai. Karena RS Prima sudah di akreditasi paripurna, artinya kita sudah memiliki akreditasi tertinggi di negara ini, jadi kita sudah memenuhi standar semuanya. Insya Allah, "pungkasnya. ***