Besok, KI Riau Gelar Sidang Putusan Sengketa Informasi KONI Rohul
Cari Berita

Advertisement


Besok, KI Riau Gelar Sidang Putusan Sengketa Informasi KONI Rohul

Senin, 29 Maret 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Majelis Komisioner Komisi Informasi Provinsi Riau akan menggelar sidang putusan sengketa informasi publik dengan termohon Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rokan Hulu, di ruang sidang KI Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Selasa (30/3/2021) besok. 


Panitera Pengganti Komisi Informasi Riau Didang Muhanna kepada media, Senin (29/3/2021) mengungkapkan sidang sengketa informasi publik dipimpin Ketua Majelis Komisioner Zufra Irwan didampingi Alnofrizal dan Hasnah Gazali sebagai anggota. 


"Sengketa informasi publik dengan termohon KONI Rohul sudah berlangsung sejak 30 Desember 2020. Dan besok adalah sidang pembacaan putusannya," kata Didang menjelaskan.


Dijelaskan Didang, sejak sidang pertama, termohon KONI Rohul hanya sekali datang persis di sidang pertama 30 Desember 2020. Setelah itu sidang-sidang berikutnya hanya dihadiri pemohon dari Yayasan Bening Nusantara. 


Ketika ditanya apakah ketidakhadiran termohon KONI Rohul berkali-kali dalam sidang akan berpengaruh terhadap putusan sengketa, Didang menyatakan, segala keputusan tetap menjadi kewenangan majelis Komisioner. 


"Yang pasti tanpa kehadiran pemohon atau termohon, majelis dapat memutuskan sengketa informasi publik. Itu ditegaskan baik dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik maupun Peraturan Komisi Informasi (PerKI) tentang Ajudikasi Nonlitigasi," terang Didang. 


Seperti diberitakan sebelumnya, sengketa informasi publik ini bergulir di Majelis Komisioner KI Riau setelah  pemohon informasi, yakni Yayasan Bening Nusantara, menyampaikan keberatan kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) KONI Rokan Hulu atas informasi yang dimintanya. 


Adapun informasi yang dimintakan Yayasan Bening yakni SK pengurus KONI Rokan Hulu tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan tahun 2020; Kemudian besaran anggaran yang diperoleh KONI Rokan Hulu tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan tahun 2020 yang berasal dari APBD Rokan Hulu atau sumber lainnya.


Selanjutnya laporan dan besaran realisasi dan/atau penggunaan anggaran (hasil audit) yang diperoleh Koni Rokan Hulu tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan tahun 2020 yang berasal dari APBD Rokan Hulu atau sumber lainnya secara terperinci. (**)


Editor: M Ikhwan