Wali Kota Pekanbaru Minta Semua Camat dan Lurah Siaga Cegah Karhutla
Cari Berita

Advertisement


Wali Kota Pekanbaru Minta Semua Camat dan Lurah Siaga Cegah Karhutla

Selasa, 23 Februari 2021

Wali Kota Pekanbaru Firdaus


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru menyiagakan sejumlah peralatan pemadam untuk mengantisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).


"Diminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis siaga dengan tim dan peralatan," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus seperti dikutip dari Antara, Selasa (23/2/2021).


Selain peralatan, Firdaus juga meminta seluruh camat dan lurah siaga dari potensi terjadinya karhutla, khususnya di wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan.


"Hati-hati dengan apa pun yang bisa mengakibatkan terjadinya percikan api," kata dia.


Dikatakan Wako kesiagaan diperlukan mengingat Kota Pekanbaru sudah mulai memasuki musim kemarau dan rawan terjadinya kebakaran lahan.


"Seperti di Payung Sekaki, itu puntung rokok saja bisa memicu kebakaran lahan," katanya.


Dia mengatakan, pasca-penetapan status siaga Karhutla oleh Pemerintah Provinsi Riau, hingga saat ini belum ada terpantau munculnya titik api di wilayah itu.


"Namun begitu diminta dinas terkait tetap waspada. Kita mengutamakan pencegahan daripada melakukan aksi dalam penanganan karhutla," kata Firdaus.


Sementara itu, Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Chandra mengungkapkan, pada bulan Februari ini, telah terjadi tujuh kali kebakaran lahan dengan luas lahan sekitar tiga hektare di Kota Pekanbaru.


Untuk mencegah hal yang sama, BPBD telah menyiagakan tim siaga Karhutla. Selain itu, BPBD telah berkoordinasi dengan TNI-Polri, Mandala Agni Daops Pekanbaru dan kelompok masyarakat peduli asap tingkat kelurahan.


"Daerah rawan karhutla sudah di Petakan. Saat ini terdapat enam Kecamatan Potensial di Pekanbaru yang rawan Karhutla," katanya.


Untuk penanganan dini Karhutla tingkat kelurahan, BPBD telah memberi pelatihan kepada beberapa kader di enam kelurahan Pekanbaru. Diantaranya, Tobek Godang, Tenayan Industri, Bandar Raya, Tirta Siak, Palas dan Srimeranti.


"Namanya Kelurahan Tangguh Bencana. Para relawan yang telah kami latih, Insya Allah sudah siap melakukan evakuasi dini apabila terjadi kebakaran lahan di wilayah mereka," kata Zarman.


BPBD Pekanbaru sendiri menyediakan call center khusus untuk penanganan karhutla, yaitu 08117651464. (antara)


Editor: Anto Chaniago