OJK: Kredit Perbankan Bisa Tumbuh 8 Persen Tahun Ini Jika Covid-19 Ditangani dengan Baik
Cari Berita

Advertisement

OJK: Kredit Perbankan Bisa Tumbuh 8 Persen Tahun Ini Jika Covid-19 Ditangani dengan Baik

Kamis, 11 Februari 2021



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Sektor perbankan menjadi salah satu terdampak pandemi Covid-19. Ini tercermin dari pertumbuhan kredit perbankan tahun 2020 turun menjadi -2,41 persen.


Meski begitu, di tahun 2021 ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimistis pertumbuhan kredit bisa meroket hingga 8 persen. Capain ini bisa terwujud jika penanganan Covid-19 bisa tertangani dengan baik.


"Saya tetap optimis kalau Covid-19 ditangani dengan baik, berbagai kebijakan pemerintah berjalan lancar dan vaksinasi lancar pertumbuhan kredit kita bisa mencapai 7 sampai 8 persen," kata Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK, Heru Kristiyana dalam Dialog Interaktif bertajuk Banking Outlook 2021, Jakarta, Kamis (11/2/2020).


Heru memaparkan, bila pemulihan ekonomi nasional lebih cepat di triwulan I-2020, maka permintaan kredit akan ikut tumbuh. Tentunya ini juga didukung dengan pelonggaran likuiditas seperti saat ini. Sehingga, di akhir tahun pertumbuhan kredit bisa tumbuh hingga 9 persen.


"Kalau recovery ini terjadi lebih cepat di kuartal 1-2021 dan permintaan kredit tumbuh, pelonggaran likuiditas ini seperti sekarang, pertumbuhannya bisa sampai 9 persen," kata Heru.


Bila pemulihan ekonomi bergerak cepat pada awal semester II-2020, maka pertumbuhan kredit di tahun 2020 bisa tumbuh 7 persen. Sementara itu, bila pandemi masih berlanjut dan pelaksanaan vaksinasi massal lamban, pertumbuhan kredit perbankan bisa terkoreksi lagi.


"Tapi kalau pandemi berlanjut, vaksinasi lambat dan sebagainya, maka ini akan terkoreksi sampai -5 persen," kata dia.


Heru menambahkan, selain pemulihan ekonomi yang membaik, respons kebijakan yang dilakukan perbankan juga turut menjadi faktor utama. Sehingga semua pihak harus bekerja sama untuk mendorong pemulihan ekonomi.


"Ini tergantung perbankan merespon dan pertumbuhan kredit bisa tumbuh bila semua mengambil peran di sana," kata dia. (merdeka)



Editor: Anto Chaniago