Masyarakat Riau Diminta Waspada Banjir dan Longsor
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Masyarakat Riau Diminta Waspada Banjir dan Longsor

Selasa, 02 Februari 2021

Ketua BPBD Riau Edwar Sanger


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengingatkan masyarakat untuk waspada banjir dan longsor.  Hal ini merujuk peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru yang menginformasikan curah hujan dengan intensitas tinggi di Sumatra Barat dan Riau. 


“BMKG telah menginformasikan berkaitan dengan analisis cuaca. Kami sebagai pihak penanggulangan bencana diminta untuk meningkatkan antisipasi banjir dan longsor,” kata Ketua BPBD Riau Edwar Sanger, Selasa (2/2/2021) di Pekanbaru.


Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengintensifkan upaya antisipasi potensi bencana dengan terus berkoordinasi dengan BPBD di tingkat kabupaten-kota.


Dia bilang, kondisi cuaca saat ini sulit diprediksi. Oleh karena itu, masyarakat diminta harus tetap waspada akan bencana banjir dan longsor yang bisa terjadi kapan saja.


Terutama, kata dia, bagi daerah yang masuk dalam zona rawan banjir, seperti di pinggiran sungai Kampar, Kuansing, Rokan Hulu, dan Indargiri Hulu. Karenanya, ia mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan.


"Dari pengalaman sebelumnya, daerah-daerah ini yang paling berpotensi banjir jika intensitas hujan meningkat dan pintu air waduk PLTA Koto Panjang dibuka,” kata Edwar. (pr5)



Editor: Anto Chaniago