Jadi Inspektur Upacara, Bupati Inhu Pamit pada Ratusan ASN
Cari Berita

Advertisement


Jadi Inspektur Upacara, Bupati Inhu Pamit pada Ratusan ASN

Senin, 15 Februari 2021


INHU, PARASRIAU.COM - Suasana haru dan sedih dilingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) mulai terasa sejak Senin 15 Februari 2021 pagi, sebab ratusan PNS tersebut tahu jika hari itu adalah apel Senin terakhir bersama Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE setelah 10 tahun menjabat.


Mulai Pukul 07.00 WIB ratusan PNS dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga seluruh pejabat eselon II dilingkup Pemkab Inhu telah berbaris dengan rapi dihalaman kantor Bupati Inhu menunggu apel dimulai. Selang beberapa menit kemudian, Kendaraan dinas BM 1 B yang membawa orang nomor satu di Kabupaten Inhu tersebut tiba dikantor Bupati.


Dari mobil itu, Bupati Inhu turun dengan langkah tegap sambil tersenyum menyapa sejumlah tokoh dan undangan yang akan mengikuti upacara.

Selang beberapa menit kemudian, apel Senin dimulai, semua prosesi apel berjalan dengan baik dan lancar, bahkan sesuai dengan protokol kesehatan anjuran pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.


Hingga tibalah saat yang mengharukan, yakni ketika Bupati menyampaikan amanatnya selaku inspektur upacara.


Bupati mengatakan, itulah terakhir kali ia menjadi inspektur upacara bendera dihalaman kantor Bupati, karena tepat tanggal 17 Februari 2021, jabatannya sebagai Bupati Inhu periode 2016 - 2021 telah berakhir.


Diungkapkan Bupati, selama dua periode ia menjabat atau selama 10 tahun, tentu banyak hal yang ia rasakan, pahit, manis, sedih semua telah dirasakan selama mengemban tugas sebagai Bupati yang tujuannya semata-mata untuk memajukan pembangunan serta mensejahterakan masyarakat Inhu.


Namun yang pasti, selama 10 tahun kepemimpinannya, banyak perubahan dan perkembangan yang ia lakukan pada Kabupaten Inhu sebagai bentuk pengabdian pada bangsa, negara terutama masyarakat Kabupaten Inhu.


"Salah satu bukti perubahan dan kemajuan itu, selama 10 tahun, Pemkab Inhu telah berhasil meraih 100 penghargaan diberbagai bidang," ucap Bupati sembari disertai tepuk tangan oleh ratusan peserta apel.


Bupati juga menjelaskan semua keberhasilan Pemkab Inhu dalam membangun selama 10 tahun, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian dan lainnya, saat ia memimpin, bangunan kantor Bupati Inhu bisa berdiri megah. Keberhasilan tersebut tidak bisa diraih tanpa dukungan semua ASN dilingkup Pemkab Inhu.


"Terima kasih, selama 10 tahun saudara-saudara sekalian telah membantu saya dalam menjalankan birokrasi pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Inhu, hormat saya untuk kalian semua," ucap Bupati dan disinilah haru bercampur sedih itu bermula.


Bertambah haru lagi ketika Bupati menyampaikan permintaan maaf jika selama menjabat ada kesalahan atau ada hal yang tidak berkenan hati para ASN, namun semua itu demi kebaikan seluruh ASN. Jika berbicara tentang ASN atau PNS, ia lebih cinta dengan PNS, sebab jiwa PNS itu telah menjadi darah daging baginya, karena ia sendiri adalah anak seorang PNS.


"Bapak saya adalah seorang PNS, jabatan beliau terakhir adalah Asisten III Pemkab Inhu, jadi PNS sudah mendarah daging bagi saya, tidak mungkin saya benci dan memusuhi PNS," ucap Bupati dengan nada serak, sedangkan ratusan PNS peserta apel semuanya tertunduk.


"Bukti lain saya cinta dengan PNS, sejak periode pertama saya sebagai Bupati, Alhamdulillah wakil saya semuanya adalah PNS, yakni H Harman Harmaini diperiode pertama dan H Kharizal pada periode kedua," tambah Bupati.


Untuk itu, lanjut Bupati, diharapkan pada seluruh ASN diseluruh lingkup Pemkab Inhu, siapapun nantinya yang akan menjadi pemimpin, teruslah mengabdikan diri untuk Kabupaten Inhu, untuk masyarakat Inhu demi kemajuan Inhu.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati kembali menyampaikan terima kasih, rasa hormat, pamit sekaligus minta maaf pada seluruh ASN.


Setelah apel yang juga dihadiri dan diikuti Ketua DPRD Inhu Samsudin serta seluruh anggota DPRD Inhu dari fraksi Golkar, para ketua Ormas, OKP, LAMR Inhu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya itu, Bupati didampingi Ketua DPRD Inhu dan fraksi Golkar menuju gedung DPRD Inhu mengikuti rapat paripurna penyampaian LKPj Bupati Inhu tahun 2020 dan rapat paripurna pengusulan pengumuman pemberhentian jabatan Bupati Inhu H Yopi Arianto SE dan Wakil Bupati Inhu H Kharizal M.Si masa bakti 2016-2021.


Uniknya lagi, menuju kantor DPRD Inhu, Bupati dan Ketua DPRD Inhu serta sejumlah pejabat lainnya menaiki kendaraan roda tiga yang baru saja diterima Pemkab Inhu, kendaraan itu bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, bahkan Bupati sendiri yang mengendarai sepeda motor roda tiga itu.


Sedangkan dua agenda rapat paripurna DPRD Inhu tersebut berjalan dengan khidmat sekaligus haru, tanpa ada satupun intruksi, kritikan dan saran dari anggota DPRD Inhu yang hadir saat paripurna tanda jika seluruh anggota DPRD yang hadir bisa menerima semua agenda paripurna (pr6)