DPRD Riau: Transparansi Penting untuk Efektivitas Penggunaan Anggaran
Cari Berita

Advertisement


DPRD Riau: Transparansi Penting untuk Efektivitas Penggunaan Anggaran

Kamis, 25 Februari 2021

 

Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau, Karmila Sari

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Transparansi merupakan hal yang krusial dan wajib ada bagi setiap instansi pemerintahan. Dengan begitu, akan terbangun tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah. 


Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi, Karmila Sari. Ia berkata, setiap persentase dari anggaran yang telah disalurkan mesti dilaporkan oleh Pemprov Riau. 


"Misalnya, pengadaan vaksin sudah berapa persen penyalurannnya, untuk  membantu UMKM persentasenya itu boleh dilaporkan memang untuk dipublikasikan," tutur Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Riau ini, Kamis (25/2/2021). 


Pengawasan kinerja pemerintah, kata Karmila, sudah seharusnya dilakukan bersama-sama oleh setiap elemen masyarakat.


"Sebenarnya ya, di mana-mana pengawasan yang baik itu adalah pengawasan yang dilakukan oleh berbagai pihak," kata dia. 


Ia menambahkan, pihak di sini termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dengan catatan lembaga tersebut legal dan peruntukan data dari pemerintah digunakan untuk kepentingan masyarakat. 


"Dengan pengawalan dan pengawasan, kita jadi lebih berhati-hati dalam penyelenggaraan penggunaan anggaran, Kalau ada SOP dari instansi jika ada yang tidak sesuai, bisa diperbaiki," ujar politisi asal Rokan hilir ini.


Ia juga meminta lembaga atau organisasi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat agar selalu berkoordinasi dengan dinas terkait. Agar setiap kebijakan pemerintah tepat sarana dan sasaran. (pr5) 



Editor: Anto chaniago