Agung Nugroho Sarankan Pengelolaan Sampah Pekanbaru Secara Swadaya
Cari Berita

Advertisement


Agung Nugroho Sarankan Pengelolaan Sampah Pekanbaru Secara Swadaya

Sabtu, 13 Februari 2021

Agung Nugroho

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, yang juga asal dapil Kota Pekanbaru, Agung Nugroho menyarankan agar pengelolaan sampah di Pekanbaru dilakukan secara swadaya. 


"Saya pikir pengelolaan sampah lebih patut dikelola RT/RW karena mereka lebih mempunyai rasa memiliki dan kepedulian terhadap lingkungan mereka," ujar Agung, Sabtu (13/2/2021).


Agung menyoroti soal pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru yang belum menemui titik terang hingga kini. Menurut agung, ketimbang tumpukan sampah menjadi terbengkalai, lebih baik pengelolaannya dikembalikan ke tingkat kelurahan. 


Ia menyatakan, jika pengelolaan sampah diberikan kepada pihak yang mengenal, memiliki dan peduli terhadap lingkungan dalam arti tingkat kelurahan hingga RT/RW, maka polemik sampah seperti sekarang ini tidak akan terjadi. 


"Sekarang pertanyaannya, apakah pihak ketiga itu merasa memiliki atau sekadar tanggung jawab saja. Mereka ini kan bekerja berdasarkan kontrak," kata politikus partai Demokrat ini. 


Agung berpandangan, jika pengelolaan sampah diserahkan kembali kepada kelurahan akan lebih mudah mengontrol kelurahan mana yang abai akan pengelolaan sampah. 


"Kalau kita kembalikan ke metode yang pernah berhasil, kembalikan pengelolaan ke RT/RW yang cakupannya lebih kecil, jadi lebih mudah pengawasannya." 


Disinggung soal penonaktifan kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru karena dianggap lalai menanggulangi sampah, Agung mengatakan yang perlu dilakukan adalah perbaikan sistem pengelolaan sampah. 


"Selama sistem dan teknis pengelolaan tidak diperbaiki, akan terus terjadi kondisi berulang seperti saat ini," ujar dia. (pr5)



Editor: Anto Chaniago