Silaturahmi, KI dan Bawaslu Riau Tukar Informasi dan Bahas Monev Bawaslu Kabupaten/Kota
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Silaturahmi, KI dan Bawaslu Riau Tukar Informasi dan Bahas Monev Bawaslu Kabupaten/Kota

Senin, 11 Januari 2021



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Komisi Informasi (KI) Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Senin (11/01) siang. 


Dalam pertemuan sekitar satu jam ini, Komisioner Bawaslu dan KI Riau bertukar informasi terkait tugas-tugas kedua lembaga tersebut serta juga membincangkan terkait pelaksanaan Pemilukada di Riau beberapa waktu lalu. 


Pada pertemuan itu, juga dibahas monitoring dan evaluasi (monev) khusus untuk Bawaslu Kabupaten/Kota. 


Dari Bawaslu Riau hadir Ketua Rusidi Rusdan SAg MPdI didampingi Neil Antariksa AMd SH MH (anggota), H Amiruddin Sijaya SPd MM (anggota) dan Hasan MSi (anggota). Sedangkan satu anggota Bawaslu Riau lainnya Gema Wahyu Adinata SH berhalangan hadir karena sedang melaksanakan tugas.


Para Komisioner Bawaslu diterima langsung Ketua KI Riau Zufra Irwan SE didampingi Komisioner Alnofrizal dan Jhony Setiawan Mundung. 


"Nanti, juga akan ada kategori khusus Bawaslu dalam Pemeringkatan Badan Publik tahun 2021," tutur Zufra Irwan. 


Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan tropi dan piagam KI Riau Award 2020 yang belum sempat diterima Bawaslu karena kesibukan mengawasi Pilkada, saat malam Anugerah Keterbukaan Informasi Riau pada November 2020 lalu. 


Seperti diberitakan sebelumnya Bawaslu Riau meraih predikat "Menuju Informatif" dalam pemeringkatan badan publik tahun 2020 yang dilaksanakan KI Riau. Mengumpulkan angka 93, Bawaslu Riau berada di peringkat ketiga dibawah BPS yang meraih predikat "informatif" dengan nilai 98 di urutan pertama dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau di urutan kedua dengan nilai 95 dan juga berpredikat "menuju informatif". 


Ketiga badan publik itu berada di kelompok instansi vertikal dan baru tahun 2020 masuk kategori penilaian dan pemeringkatan Komisi Informasi Riau. 


Usai silaturahmi dan menerima piala dan piagam penghargaan, para Komisioner Bawaslu Riau juga diajak Ketua KI Riau meninjau ruang persidangan sengketa informasi publik Komisi Informasi Riau. 


"Mudah-mudahan Bawaslu Riau tidak sampai duduk pula di sini sebagai termohon," canda Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Ketua KI Riau Zufra Irwan disambut tawa para komisioner Bawaslu dan KI lainnya. pr2