Pemenang MTQ-VP Bebas Masuk UIR Tanpa Tes
Cari Berita

Advertisement

Pemenang MTQ-VP Bebas Masuk UIR Tanpa Tes

Selasa, 05 Januari 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Pemenang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Da'i Muda Universitas Islam bebas masuk UIR tanpa test dan dibebaskan dari biaya testing pada tahun akademik 2021-2022. 

Penegasan itu disampaikan Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL usai menutup MTQ virtual antar Pelajar di Gedung Rektorat Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru pada Senin siang (5/01 2021).


Selain meraih tiket bebas masuk, pemenang MTQ-VP juga meraih sejumlah uang pembinaan dan sertifikat. ''Bagi pelajar yang sekarang berada di kelas XII silahkan gunakan sertifikat juara untuk masuk UIR tahun ini. Sebaliknya terhadap pelajar yang masih duduk di kelas XI, diberi peluang masuk UIR pada tahun depan (2022-2023),'' kata Rektor Syafrinaldi.


Rektor mengapresiasi terlaksananya lomba MTQ dan Da'i Muda tahun ini apalagi acaranya diselenggarakan di penghujung tahun, dan ditutup di awal tahun. Menurut Rektor, ini hal yang positif dalam upaya kita memulai aktivitas di tahun baru. Ia berharap, peserta MTQ dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam qur'an sebaik mungkin.


''Mari, seluruh peserta MTQ saya ajak bersama-sama kita amalkan isi kandungan al Qur'an untuk ketentraman dan ketenangan jiwa. Lebih dari itu, mengamalkan Kitab Suci membuat hidup kita menjadi selamat dunia dan akhirat,'' ujar Syafrinaldi.


Lomba MTQ virtual antar pelajar dan Da'i Muda se Provinsi Riau diselenggarakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut Ketua Panitia Dr. Saproni, lomba ini sudah dimulai sejak akhir November hingga 30 Desember 2021. Masing-masing peserta mengikuti dua tahap perlombaan.


Di tahap pendaftaran dan babak penyisihan, setiap peserta diwajibkan mendaftar sekaligus mengirim video pembacaan al Qur'an kepada Panitia. Begitupun dengan lomba Da'i Muda. Video  akan diseleksi dan dinilai oleh Dewan Juri, untuk kemudian ditetapkan enam peserta terbaik yang berlaga di babak final secara virtual.


''Alhamdulillah. Kegiatan berjalan sukses sesuai keinginan panitia. Animo peserta juga cukup tinggi. Kami sampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah yang ikut berpartisipasi mengirim peserta didiknya ke acara lomba ini,'' kata Saproni.


Pemenang selain mendapat tiket masuk tanpa tes menjadi mahasiswa UIR juga memperoleh uang pembinaan, tropi dan sertifikat. 


Penutupan MTQ-VP dan Da'i Muda UIR juga dihadiri Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Dr Ir H Asrol dan Wakil Rektor III Dr H Rosyadi. Turut juga hadir Ketua Panitia Dr Saproni, MEd yang juga Wakil Dekan III FAI, Kepala LDIK Dr Anton Afrizal Chandra, Wakil Dekan III Fak. Teknik Ir Akmar Efendy, Wakil Dekan III Fisipol Dr Kasmanto Rinaldi dan Wakil Dekan III FIKOM Eko Hero.


Berikut nama-nama pemenang lomba MTQ-VP dan Da'i Muda:


A. Cabang Tilawah Putra 


Juara I Aljuanda Kurniansyah (MAN 1 Kuantan Singingi)

Juara II  Hanif Abidin (SMA Babussalam)

Juara III Arfan Siratul Fajri (SMAN Plus Prov. Riau)

Harapan I Muhammad Farhan Addlani (SMKN2 Dumai)

Harapan II Muhammad Aidil Alfarisi (MAN 1 Kota Dumai)

Harapan III Muhammad Raihanuddin Khalis (SMK Al-Qur'an Dan Dakwah Alam)


B. Cabang Tilawah Putri


Juara I Nasywatul Kamila (SMA NEGERI 1 Kampar Utara)

Juara II Lia Ramadhani (MA.Miftahul Jannah Peranap)

Juara III Siti Ulan Dari (SMA Babussalam)

Harapan I Khairunnisa Fadila (Pondok Pesantren Darul Fatah)

Harapan II Tri Aini Sepmiranti (SMA Babussalam)

Harapan III Putri Afrilla Rafina (MAN 1 Dumai)


C. Cabang Da’i Muda Putra


Juara I Rifani Al Zikri (MAN 2 Kuantan Singingi)

Juara II Rhama Karomah (SMA Babussalam Pekanbaru)

Juara III Faddli Setiawan (MAN 2 Kampar)

Harapan I Syahru Robi (SMAS Al Amin)

Harapan II Rivo Claudio (SMK Perpajakan Riau)


D. Cabang Da’i Muda Putri 


Juara I Zjahrani Fadhillah Yahni & Zakyah Fadhillah Yahni 

(Ponpes Mu'allimin muhammadiyah bangkinang)

Juara II Mahalia Putri (SMA Babussalam Pekanbaru)

Juara III Khairunnisa Putri Adhar (SMK Kesehatan Pro Skill Indonesia) 

Harapan I Mai Fadilah Sari (MAN 2 Kuantan Singingi)

Harapan II Nur Aljazira (Pondok Pesantren Darul Fatah)

Harapan III Erlinda Nurul Hikmah (MA Al Ihsan Buluh Rampai). (rls/pr2)