Menkes Budi Targetkan 70 Persen Rakyat Indonesia Divaksin dalam 12 Bulan
Cari Berita

Advertisement


Menkes Budi Targetkan 70 Persen Rakyat Indonesia Divaksin dalam 12 Bulan

Sabtu, 30 Januari 2021

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan 70 persen warga Indonesia telah disuntik vaksin virus corona hingga akhir 2021. 


Indonesia sudah memulai vaksinasi virus corona sejak awal Januari 2021. Pejabat tinggi pemerintah, termasuk Presiden Jokowi dan beberapa menteri, serta petugas medis jadi kelompok pertama penerima vaksin. 


Budi menjelaskan, usai penyuntikan pada kelompok awal maka vaksinasi selanjutnya akan dilakukan dengan cepat. Sebab, sampai saat ini belum ada keterangan sampai berapa lama kekebalan yang ditimbulkan vaksin corona akan bertahan. 


"Memang belum ada yang selesai secara lengkap uji klinis tahap ketiganya baik itu Pfizer, AstraZeneca itu semua belum selesai 100 persen uji klinis tahap tiganya," kata Budi dalam diskusi virtual 'Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit,' pada Sabtu (30/1/2021).

 

"Itu sebabnya dalam waktu 12 bulan, 70 persen rakyat Indonesia, jadi target usia di atas 18 tahun bisa dilakukan vaksinasi," sambung dia. 


Budi menambahkan, vaksinasi sendiri ditujukan bukan untuk melindungi diri. Namun, agar tercipta herd immunity di 70 persen pada masyarakat Indonesia. 

Menkes: 70% Rakyat Indonesia Ditargetkan Divaksin Corona dalam 12 Bulan (2)


"70 persen dari rakyat Indonesia di atas usia 18 tahun diharapkan memiliki kekebalan karena disuntik vaksin akibat virus tidak menular ke orang-orang lain, dengan demikian laju penularan virus dapat dikurangi," sebut dia.

 

"Jadi ini sekali lagi bukan untuk melindungi diri kita tapi untuk melindungi keluarga kita melindungi tetangga dan seluruh rakyat Indonesia," pungkas dia. (kumparan)


Editor: Anto Chaniago