Unri Terima Bantuan Renovasi Masjid dari BSM Rp150 Juta
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Unri Terima Bantuan Renovasi Masjid dari BSM Rp150 Juta

Sabtu, 28 November 2020

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Riau menerima bantuan dari PT Bank Syariah Mandiri (BSM). Bantuan yang diberikan tersebut dalam bentuk renovasi masjid Arfaunnas Kampus Bina Widya UNRI senilai Rp150 juta.


Penyerahan bantuan ini disecara langsung oleh Direktur BSM Kusman Yandi melalui Virtual kepada Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA di ruangan DPH Lantai II Gedung Rektorat UNRI, Jumat (27/11/2020). 


Kusman Yandi mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian BSM sebagai instansi yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, khususnya Unri di sektor pendidikan yang membutuhkan sarana ibadah dengan kondisi lebih memadai.


"Terima kasih UNRI telah memberikan suport dan kerja sama selama ini kepada BSM, sehingga Unri semakin maju bagi masyarakat Riau terkhusus Indonesia,"ujarnya. 


Kusman menceritakan pengembangan dan pembangunan UNRI  sudah berkembang dan maju, dari segi akademik UNRI sekarang berada diklaster peringkat Ke-24 Nasional prestasi ini sudah membanggakan, ungkap alumni UNRI ini.


Dijelaskannya, program ini sengaja dijalankan guna meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. “Jadi dalam hal ini bank, terutama BSM juga bisa memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat,” tambahnya.


Secara konsep, program BSM mengalirkan berkah merupakan kegiatan berupa penyaluran dana zakat, sumbangan melalui berbagai kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan terutama untuk pembangunan masjid.


Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam program BSM antara lain, pembangunan masjid disekitar rest area tol sumatera.


“Pogram ini merupakan implementasi  program BSM untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat, semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk UNRI selain berdaya guna tempat ibadah juga bisa berdaya guna untuk pendidikan karakter dan akhlak mahasiswa UNRI khusunya,” ungkapnya.


Sementara itu dalam kesempatan yang sama Rektor UNRI Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BSM yang turut andil dalam pembangunan renovasi masjid Arfaunnas UNRI. "Masjid Arfaunnas ini mengakomidir mahasiswa UNRI dengan jumlah mahasiswa  yang aktif sebanyak 35 ribu orang serta masyarakat sekitaran kampus UNRI, "jelasnya.


Ditambahkannya, pembangunan masjid Arfaunnas ini awal berdiri atas sumbangan dari orang tua mahasiswa dan civitas akademika UNRI serta jamaah sekitaran kampus Bina Widya UNRI, berdirinya masjid ini juga tidak jauh dari lingkungan masyrakat. Oleh sebab itu, pemanfatan mesjid ini selain mahasiswa dan civitas akademika UNRI masyarakat sekitar juga memanfaatkan masjid tersebut.


Rektor juga berharap dari pemberian bantuan ini dapat menjadi amal ibadah PT BSM dan nasabah juga yang telah menyumbang untuk kemaslahatan umat.


“Bank Mandiri adalah contoh bank besar yang sukses selama beroperasi. Bank Mandiri mampu mempertahankan statusnya sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Harapan sama juga ditujukan kepada bank syariah Mandiri hasil merger nanti terbentuknya bank syariah yang kuat dan menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia,” paparnya. 


Dalam rangka mewujudkan pembentukan bank syariah terbesar, perlu adanya sistem penjagaan pada saat penerapan merger di lapangan dalam hal ini memastikan kaidah syariah terpenuhi sempurna pada saat pelaksanaan merger, "ungkapnya.


Pada kesempatan ini turut hadir Astridiana Sjamanti, Group Head Institutional Banking, Ahmad Widodo, Regional Retail Banking Manager PT Bank Syariah Mandiri Region 1 Medan, Syahrial Alrasyid Area Manager PT Bank Syariah Mandiri Area Pekanbaru, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unri, Prof Dr Sujianto MSi, Ketua Masjid Arfaunnas, dan Imam Mesjid  serta pengurus mesjid Arfaunnas UNRI. (pr-1)