Pelantikan Ketua PWI Meranti, Zulmansyah: Wartawan Profesional Harus Patuh pada KEJ
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Pelantikan Ketua PWI Meranti, Zulmansyah: Wartawan Profesional Harus Patuh pada KEJ

Rabu, 04 November 2020


SELATPANJANG, PARASRIAU.COM - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang melantik Pengurus PWI Kep Meranti periode 2020-2023 yang diketuai Syamsidir Salim, S.Pd. Pelantikan dilaksanakan di Kantor PWI Kep Meranti Jalan Durian Selatpanjang Kep Meranti, Selasa malam, (03/11/2020).


Prosesi Pelantikan dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Penanganan Covid 19 yang ketat. Yakni semua peserta diharuskan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Bahkan sebelum memasuki ruangan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas.


Pada kesempatan itu juga diumumkan Pemenang Lomba Foto Jurnalistik, Lomba Video Jurnalistik dan Lomba Karya Tulis Jurnalistik. Lomba tahunan yang sudah menjadi kegiatan rutin PWI Kep Meranti ini tahun ini selain dikuti wartawan juga melibatkan masyarakat umum.


Tampak hadir pada Pelantikan itu. Bupati Kep Meranti, Drs Irwan Nasir, M.Si, Ketua DPRD Ardiansyah, Setda Kep Meranti Dr Kamsol, Kajari Kep Meranti Budi Raharjo, Kapolres Kep Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, Koramil Tebing Tinggi, Ketua KPU Kep Meranti serta undangan lainnya.Hadir juga Sekretaris PWI Riau, Amril  Jambak dan Pengurus PWI Riau lainnya, Saparudin Koto.


Ketua PWI Kep Meranti, Syamsidir Salim mengawali sambutannya dengan membacakan Gurindam 12 Pasal 4. Dikatakan Kepengurusan yang dipimpinya akan rutin melaksanakan workshop jurnalistik melalui bengkel jurnalistik.


"100 wartawan yang bertugas di Meranti, 16 sudah UKW dan 15 orang di antaranya anggota PWI. Kita akan terus mengusahakan agar semua Anggota PWI mengikuti UKW," katanya.


Senada dengan itu Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang dalam sambutannya berpesan agar PWI Kepulauan Meranti  mengedukasi anggotanya agar terus neningkatkan kompetensi dengan pelatihan pelatihan. "Kita juga mempunyai kode prilaku wartawan. itu harus dipatuhi dan dilaksanakan, " katanya.


Zulmansyah mengingatkan agar semua anggota PWI melaksanakan tugas selalu berpedoman kepada UU Pokok Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Prilaku Wartawan.


Bupati Kep Meranti, Drs Irwan Nasir, M.Si mengakui besarnya peran PWI dalam pembangunan daerah. Salah satunya menyebarkan informasi tentang Kep Meranti, sehingga daerah ini dikenal di Nusantara hingga Mancanegara..


"Pemkab Kepulauan Meranti mengucapkan selamat kepada pengurus PWI Kep Meranti yang telah dilantik. Semoga bisa berperan lebih banyak dalam pembangunan daerah ini," katanya.


Bupati juga mengajak PWI Kepulauan Meranti untuk menulis buku putih Pembetukan Kabupaten Kep Meranti. "2014 buku itu pernah digagas, namun belum tuntas. Kita berharap PWI bisa menyekesaikannya," tutupnya. pr2