Gubernur Riau Pertama Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubri: Jadikan Ini Motivasi
Cari Berita

Advertisement


Gubernur Riau Pertama Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubri: Jadikan Ini Motivasi

Selasa, 10 November 2020


Gubri menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI atas anugerah gelar pahlawan nasional kepada Gubernur Riau pertama usai menggelar Upacara Bendera Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Gubernur Riau yang pertama di Provinsi Riau yakni MR Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution pada peringatan Hari Pahlawan 2020.


Atas anugerah tersebut, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh rakyat Riau memberikan terima kasih yang sebesar-besar kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan gelar pahlawan kepada tokoh Riau.


Gubri mendoakan semoga beliau mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT dan mudah-mudahan perjuangannya oleh Allah SWT sebagai amal ibadah. Ia berharap generasi muda saat ini dapat mencontoh dan meneladani serta menjadikan motivasi dari almarhum yang telah berjuang untuk negara dan bangsa.


"Semoga tentunya dan banyak lagi putra-putri Riau yang bisa berjuang dengan semangat kebangsaan sekaligus membuat sesuatu yang berarti bagi kemajuan bangsa dan negara, khususnya di Provinsi Riau," katanya usai menggelar Upacara Bendera Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).


MR SM Amin Nasution yang lahir di Aceh pada 22 Februari 1904 merupakan salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam sejarah pergerakan Sumpah Pemuda.


Ia juga merupakan Gubernur pertama Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Sutan Mohammad Amin Nasution penutup Gubernur Riau pertama dengan masa jabatan dari 5 Maret 1958 hingga 6 Januari 1960. ( adv)