IKPM Pekanbaru Bersama KH Ma'ruf Ch Terima Kunjungan Gubri dan Kemenag Riau di GP7
Cari Berita

Advertisement

settia

IKPM Pekanbaru Bersama KH Ma'ruf Ch Terima Kunjungan Gubri dan Kemenag Riau di GP7

Senin, 13 Juli 2020



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Ketua Umum Ikatan Keluarga Pondok Modern (Ketum IKPM) Gontor cabang Pekanbaru-Riau, H Fajeriansyah, Lc, MA dan Sekjend HM Ikhwan, Lc, MA serta sejumlah pengurus IKPM Pekanbaru, Senin (13/7) siang bersama Pimpinan Ponpes Gontor Putri 7, KH Ma'ruf Chumaidi menerima kunjungan Gubernur Riau, Syamsuar dan Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Riau, Mahyuddin beserta jajarannya.

Tujuan kunjungan Gubernur dan Kemenag Riau ke Ponpes GP 7 Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terkait proses awal belajar mengajar yang memang dimulai hari ini serta memastikan para santriwati dalam kondisi aman dari Covid-19.


Demikian disampaikan Ketum IKPM cabang Pekanbaru-Riau, Fajeriansyah di sela-sela kegiatan. "Kita dari pengurus IKPM cabang Pekanbaru-Riau sengaja diminta Pak KH Ma'ruf Ch secara mendadak tadi malam. Karena informasi kedatangan orang nomor satu di Riau ini bersama Kemenag juga tiba-tiba via telepon tadi malam. Namun demikian, Alhamdulillah sejumlah pengurus yakni Sekjend HM Ikhwan, Lc, MA, Ketua II Defizul SAg, Wakil Bendahara Umum Topan Melza Romadhon, SH, MH, Siswandi, Zainuddin, Ibrah dan H Nobel turut hadir saat menyambut kedatangan Gubri dan Kemenag Riau.

Dikatakan Fajeriansyah, Alhamdulillah selama ini pengurus IKPM cabang Pekanbaru-Riau selalu mensuport kegiatan dan agenda yang diselenggarakan Ponpes GP 7 ini. Karena memang pimpinan Ponpes GP 7 KH Ma'ruf Ch juga merupakan salah seorang penasehat di organisasi kita ini. Begitu juga sebaliknya, beliaw juga selalu memberikan dukungan, masukan dan arahan untuk program-program yang ada di internal IKPM cabang Pekanbaru-Riau.


"Apalagi kunjungan seperti ini kan jarang-jarang. Tentunya kita ikut serta mensukseskan acara ini. Namun seperti yang kita lihat tadi meskipun mendadak, tapi persiapan yang dilakukan para santriwati dan pimpinan cukup matang dan sangat sukses. Terbukti, Pak Gubernur dan Kemenag Riau beserta jajaran merasa nyaman dan senang. Bahkan mereka pun cukup lama berbincang-bincang dengan Pak Kiyai di depan kediaman pimpinan setelah mengelilingi seluruh lokasi pondok antara lain ruangan asrama, ruang belajar, balai kesehatan santri dan masyarakat (BKSM), ruangan galery, lokasi rencana pembangunan aula/ruang pertemuan dan lokasi pembangunan perluasan asrama dan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, KH Ma'ruf Chumaidi menambahkan, IKPM adalah bagian dari pondok ini. Untuk itu, seluruh kegiatan besar dan penting yang dilakukan di lingkungan pondok selalu kita minta kehadiran jajaran pengurus IKPM cabang Pekanbaru-Riau atau perwakilan. "Majunya pondok kita ini juga tak terlepas dari dukungan dan bantuan kawan-kawan pengurus IKPM cabang Pekanbaru-Riau ini," paparnya.

Sebagai contoh, katanya, saat pengurusan kepulangan para santri/wati Gontor dan mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) dari Pulau Jawa saat Covid-19 lalu juga sangat terbantu oleh kawan-kawan pengurus IKPM. Bahkan keberangkatan para santri/wati dan mahasiswa UNIDA untuk balik ke pondok Gontor dan kampus di Pulau Jawa juga dibantu pengurusan rapid test dan swab secara gratis yang langsung diberikan dan difasilitasi oleh Gubernur Riau, Syamsuar dengan dinas terkait," ujarnya.

Lanjutnya, kedatangan Pak Gubernur di pondok ini selain untuk bersilaturahmi juga ingin mengetahui bahwa anak-anak beliaw para santriwati di sini dalam kondisi aman dari Covid-19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Terlihat saat beliaw menyapa para santriwati dan langsung mengingatkan agar selalu cuci tangan, gunakan masker, jaga jarak dan saling mengingatkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

"Kunjungan beliaw ke sini memberikan sugesti dan semangat tersendiri bagi para santriwati dan asatizah (para ustadz dan ustazah, red). Begitu pula perhatian beliaw terhadap dunia pendidikan khususnya pondok pesantren sangat tinggi. Mudah-mudahan kunjungan beliaw ini memberikan harapan dan semangat bagi para santriwati untuk lebih giat dalam belajar dan selalu menjaga kesehatan secara bersama," harapnya. pr2