Komisi Informasi dan Diskominfo Inhil Gelar Rakor PPID Utama se-Riau Secara Virtual
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Komisi Informasi dan Diskominfo Inhil Gelar Rakor PPID Utama se-Riau Secara Virtual

Rabu, 03 Juni 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Komisi Informasi (KI) Riau bersama Diskominfopers Kabupaten Indragiri Hilir akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) PPID utama Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Jumat (5/6/2020), secara virtual atau video conference (Vicon).

Menurut Ketua KI Riau Zufra Irwan,SE dan Plt. Kadis Kominfopers Inhil Trio Beni Putra yang dihubungi secara terpisah, Rabu (3/6/2020), mengungkapkan, Rakor PPID Utama Kabupaten dan Kota itu akan menghadirkan Gubernur Riau Drs H Syamsuar,MSi, sebagai keynote speaker.

"Kita siap untuk melaksanakan rakor PPID Utama kabupaten/kota ini bersama Komisi Informasi Riau," kata Trio Beni kepada wartawan melalui vicon, Rabu siang.

Sementara Ketua KI Riau Zufra Irwan menjelaskan, Rakor PPID ini memilih tema, "Tatakelola Informasi Publik Covid-19 dan Mensinkronisasikan Tata Kelola Informasi Publik Sesuai dengan Amanat Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik."

"Intinya, dalam Rakor itu kita bersama-sama akan menggali seperti apa tatakelola informasi publik yang dilaksanakan oleh seluruh PPID Utama masing-masing Kabupaten/Kota dalam menyikapi Pandemi Covid-19 dan pasca-pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskla Besar (PSBB) di daerah masing-masing," tutur Zufra Irwan.

Dijelaskan Zufra, dari sisi medis baik informasi tentang pasien positif Covid-19 maupun data-data lainnya seputar penanganan wabah Corona, peran itu sudah dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas dan jurubicaranya. "Nah, yang ingin kita gali dan juga dapatkan informasinya dari PPID utama adalah penanganan dampak Covid-19 di luar persoalan medis," tutur Zufra.

Terutama, kata Zufra, berkaitan dengan sektor sosial, ekonomi, sektor transportasi dan lainnya. "Ini kan soal tata kelola informasi.  Nah, kita ingin tahu sejauh mana PPID utama di masing-masing kabupaten dan kota berperan dalam mensosialisasikan berbagai informasi terkait sektor-sektor di luar persoalan medis kepada masyarakat," beber Zufra.

Ditambahkan Trio Beni, Rakor yang akan diikuti oleh seluruh PPID Utama se-Riau tersebut akan dilaksanakan dengan pola video conference, dimana peserta dan juga keynote speaker Gubernur Riau, termasuk Bupati Inhil HM Wardan selaku tuan rumah akan berbicara langsung dari studio vidcon masing-masing.

Dijelaskan Trio, Rakor PPID secara virtual tersebut akan dimulai pukul 14.00 WIB dengan pemateri Wakil Ketua KI Riau Tatang Yudiansyah.  "Rekan-rekan dari Forum Wartawan Keterbukaan Informasi  (FoR-KI) riau juga akan ikut dalam kegiatan ini," timpal Zufra Irwan. rls