Seluruh Siswa Harus Mampu Biasakan Diri Belajar Dalam Jaringan
Cari Berita

Advertisement

Seluruh Siswa Harus Mampu Biasakan Diri Belajar Dalam Jaringan

Kamis, 19 Maret 2020


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Seluruh peserta didik saat ini harus mampu biasakan diri untuk mengikuti pembelajaran dalam jaringan (daring) selama berlangsungnya wabah virus corona tipe baru, penyebab Covid-19 di tanah air. 

"Tentu ada perbedaan saat menggunakan komputer untuk belajar dengan bermain game atau lainnya," ungkap Psikolog Universitas Indonesia, Dr Rose Mini Agoes Salim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/3).

Menurut Rose, guru bisa menggunakan platform-platform pembelajaran daring tertentu yang bisa membantu anak. Dengan begitu, anak tidak merasa tidak tatap muka dengan gurunya. Bisa dengan menggunakan video dan lainnya.

"Jadi selesai melihat video, mendengarkan apa yang diterangkan oleh gurunya, kemudian ada bahan pertanyaan yang harus diisi oleh murid. Pertanyaan itu kalau sudah diisi tidak bisa balik lagi," kata Rose. 

Dengan pola seperti itu, anak akan mendengarkan dan fokus pada pembelajaran daring sehingga bisa menjawab pertanyaan. Untuk sisa waktu setelah belajar, Rose menyarankan agar anak dan orang tua melakukan proyek bersama yang dilakukan seluruh anggota keluarga. "Menurut saya, hanya butuh waktu beberapa hari untuk membiasakan. Jangan patah semangat pada awal-awal," imbuh Rose.

Sejumlah pemerintah daerah seperti Pemprov DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Bali, dan lainnya, telah meliburkan sekolah hingga 14 hari untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di satuan pendidikan. Sebagai gantinya, peserta didik dilakukan pembelajaran daring di rumah. pr2

dilansir: republika.co.id