Pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR, Pimpinan Langsung Ditentukan Besok
Cari Berita

Advertisement

settia

Pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR, Pimpinan Langsung Ditentukan Besok

Senin, 30 September 2019



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI, periode 2019-2024 dijadwalkan akan menjalani proses pelantikan di Gedung Nusantara Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Selasa (1/10) pagi. Pelantikan berlangsung mulai pukul 10:00 WIB dan diperkirakan akan selesai pada pukul 11:40 WIB.

Sekretaris Jenderal DPR RI mengatakan, pengucapan janji dan sumpah jabatan akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung serta dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden RI serta tamu undangan lainnya. Ia menjelaskan, guna mengantisipasi adanya aksi demo pada Selasa (1/10), anggota DPR RI terpilih yang akan menjalani pelantikan diminta sudah hadir di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada sekitar pukul 07:00 WIB.

"Sarapan pagi dan persiapan lainnya, kami siapkan di sini. Semua acara, kami upayakan tetap sesuai jadwal," kata Indra Iskandar melalui telepon seluler, di Jakarta, Senin (30/9).

Indra menambahkan, setelah selesai acara pelantikan, kemudian istirahat makan siang dan Shalat Dzuhur. Setelah itu, akan dilakukan rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas agenda yang telah disusun oleh Panitia Pelantikan dari Sekretariat Jenderal DPR RI.

Anggota Bamus adalah perwakilan dari seluruh fraksi. "Bamus juga akan menetapkan sidang paripurna sementara penetapan pimpinan DPR RI, yang akan dipimpin oleh anggota tertua dan termuda," katanya.

Menurut dia, berdasarkan jadwal sementara, penetapan dan pelantikan pimpinan DPR RI akan diselenggarakan pada Selasa (1/10) sore.

Pimpinan DPR Langsung Ditentukan Besok

Pengambilan sumpah anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 akan dilakukan, Selasa (1/10) besok. Usai pengambilan sumpah, DPR akan langsung menentukan ketua dan pimpinan DPR besok. "Saya selaku fasilitator kesekjenan, saya optimis pada besok sore atau malam sudah ada pimpinan dewan," kata Sekjen DPR Indra Iskandar, Senin (30/9).

Ia mengatakan batas waktu penentuan ketua DPR akan ditetapkan pada malam hari. Seandainya dimungkinkan, pelantikan juga akan dilakukan malam harinya. "Kalau terlalu lelah, besok paginya, tanggal 2 (Oktober)," ujarnya.

Dalam gladi bersih yang digelar hari ini, Indra mengatakan, persiapan untuk besok sudah hampir rampung. Gladi bersih hanya dihadiri oleh perwakilan tertua dan termuda.  

"Kalau kami nanti gladi menunggu 575 anggota DPR plus DPD, waktunya berlarut-larut, sehingga kami sepakati dengan koordinasi keamanan tadi pagi, buat gladi sore ini tidak melibatkan anggota supaya lebih efektif efisien waktunya," tuturnya.

Selain itu, pertimbangan keamanan juga menjadi salah satu alasan tidak diharuskannya anggota DPR hadir pada gladi bersih hari ini. Ia menyarankan agar besok para anggota DPR bisa hadir lebih pagi. "Jadi lebih awal berangkat jam 7, tapi acara semua tetap sesuai jadwal kami mulai jam 10 setelah kedatangan bapak presiden dan wapres," ucapnya.

Sejumlah anggota DPR yang hadir dalam gladi bersih diantaranya Hillary Brigitta Lasut (23 tahun) sebagai anggota DPR termuda, Abdul Wahab Dalimunthe (80 tahun) sebagai anggota tertua periode ini. Mantan jurnalis yang juga baru lolos ke Senayan, yaitu Putra Nababan.***

dilansir: republika.co.id