Kabut Asap di Pekanbaru Makin Parah, Papan ISPU Malah Rusak
Cari Berita

Advertisement

settia

Kabut Asap di Pekanbaru Makin Parah, Papan ISPU Malah Rusak

Selasa, 10 September 2019


PEKANBARU,PARASRIAU.COM - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sangat pekat menyelimuti wilayah Kota Pekanbaru, Riau. Namun, papan informasi kualitas udara atau Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) 'sakit' atau tak berfungsi. 

Papan ISPU yang rusak itu terpasang di depan Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregeon (P3E) Sumatera di pinggir Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Pantauan di lapangan, Senin (9/9/2019) malam pukul 20.00 WIB, papan ISPU tersebut mati. Hal ini membuat warga kesulitan untuk mengetahui kualitas udara di sekitar wilayah Kecamatan Tampan. Sementara kabut asap juga cukup pekat pada malam hari. 

Arman (20) salah seorang warga Kecamatan Tampan yang sedang melintas di Jalan HR Soebrantas, mengaku kecewa dengan rusaknya alat ISPU tersebut. "Kami sangat kecewa, karena kami perlu informasi udara di Pekanbaru yang sedang berkabut asap. Jadi kami kurang mengetahui informasi kualitas udara yang lebih akurat," ujar Arman, Senin (9/9/2019). 

Untuk itu, warga ini berharap agar pemerintah segera memperbaiki alat ISPU yang 'sakit' itu. "Saya harap segera perbarui lagi, supaya kami lebih tahu informasi kualitas udara di Pekanbaru," harapnya.

Dia menyebutkan, akibat kabut asap karhutla, kondisi udara di Pekanbaru semakin memburuk. Bahkan, Arman mengaku sudah merasakan dampaknya. "Makin hari ke hari makin buruk kualitas udaranya. Pernapasan saya terganggu," akuinya. 

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregeon (P3E) Sumatera, Amral saat dikonfirmasi, Selasa (10/9/2019) membenarkan papan ISPU tersebut sedang rusak. "Memang tiga hari belakangan ini datanya tidak muncul. Tapi saya udah hubungi teman-teman di Jakarta karena servernya ada disana," tutup Amral.***

dilansir: kompas.com