Gunakan DAU Tambahan Kelurahan 2019, Kelurahan Simpang Baru Tingkatkan SDM Melalui 4 Pelatihan
Cari Berita

Advertisement

Gunakan DAU Tambahan Kelurahan 2019, Kelurahan Simpang Baru Tingkatkan SDM Melalui 4 Pelatihan

Senin, 09 September 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan sekitar, kelurahan Simpang Baru, kecamatan Tampan menggelar empat pelatihan bagi warga setempat. Kegiatan yang dilaksanakan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan Kelurahan tahun 2019, sebagai bentuk implementasi dengan melibatkan seluruh masyarakat yang merupakan perwakilan dari 10 Rukun Warga. 

Lurah Simpang Baru, Rien Rizka Karvy disela kegiatan kepada Haluan Riau mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan implementasi dana tambahan kelurahan tahun 2019, untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan kelurahan Simpang Baru. Adapun pelatihan yang diselenggarakan yakni, pelatihan menjahit dilaksanakan 3-7 September, tata rias 8-12 September, kompos 18-20 September dan juga tata boga 23-26 September. 

"Alhamdulillah pelatihan perdana sudah kita laksanakan dimulai dengan pelatihan menjahit pada Senin (3/9) kemarin, dan langsung dibuka oleh ibu Camat Tampan. Dengan peserta perpelatihan sebanyak 50 orang, yang terbagi per RW sebanyak 5 orang mengirimkan perwakilannya. Alhamdulillah juga warga begitu antusias diselenggarakannya pelatihan ini,"ujar Rien, Senin (8/9). 

Dijelaskannya, bahwa pelatihan ini tujuannya agar manfaat pos DAU kelurahan turut dirasakan oleh masyarakat di lingkungan Kelurahan Simpang Baru. Selain memberikan pelatihan kegiatan ini tentunya juga bisa dijadikan sebagai ladang ilmu untuk bisa mengembangkan keterampilan. Karena disetiap pelatihan peserta diberikan pelatihan baik teori dan juga praktek langsung. 

"Jadi pelatihan ini para peserta langsung diajarkan oleh instruktur yang ahli dibidangnya, seperti menjahit diajarkan bagaimana cara mengukur, mempola, menggunting, dan menjahit dimana setiap peserta diberikan bahan secara gratis. Untuk pelatihan tata rias, peserta juga disediakan alat make up, kompos, dan juga tata boga semua bahan kita siapkan untuk seluruh peserta,"paparnya. 

Diharapkan dengan pelatihan ini, bisa menambah wawasan, dan apa yang diberikan bisa benar-benar tepat sasaran dan bisa menghasilkan output pasca pelatihan nantinya,"harapnya. 

Sementara itu, dikesempatan berbeda, Camat Tampan, Liswarti mengapresiasi apa yang telah digagas oleh Lurah Simpang Baru khususnya dalam hal meningkatkan SDM melalui berbagai pelatihan. Ia berharap kegiatan ini tidak hanya saat ini saja tetapi juga bisa terus berlanjut dan menjadi ilmu bagi masyarakat untuk menciptakan usaha sendiri. 

"Diharapkan alokasi dana pusat ini bisa benar-benar dimanfaatkan dengan baik, dan bisa menjadi ladang ilmu untuk bisa menambah penghasilan,"pungkasnya.(pr-1)