Di Waskita Karya dan PLN, UR Kirim Mahasiswa Ikuti PMMB BUMN Indonesia
Cari Berita

Advertisement

settia

Di Waskita Karya dan PLN, UR Kirim Mahasiswa Ikuti PMMB BUMN Indonesia

Selasa, 17 September 2019

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof Dr Ir Syaiful Bahri MSi

PEKANBARU, PARASRIAU.COM
- Universitas Riau (UR) mengirimkan mahasiswa ikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) ke Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Indonesia. Kali ini, Perusahaan BUMN yang menjadi tempat lokasi magang yakni PT Waskita dan PT PLN Persero.

"Jadi selama enam bulan Mahasiswa UR ini akan melaksanakan program magang yang telah diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia Badan Usaha Milik Negara (FHCI BUMN). Program ini bertujuan agar mahasiswa yang mengikuti pendidikan ini bisa meningkatkan keterampilan, perilaku dan sikap kerja dalam melaksanakan program kerja di lingkungan perusahaan,"ujar Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof Dr Ir Syaiful Bahri MSi pada redaksi unrinews, Selasa (17/9)

Adapun mahasiswa yang akan dikirimkan tersebut sebanyak enam orang mahasiswa, untuk di PT Waskita yakni Mohtar Anwar Jurusan Teknik sipil, Panji Tegar Aji Jurusan Teknik Sipil, Dara Incam Ramadan dan Ferdi Ultrasoni Jurusan Teknik Elektro ditempatkan di Pekanbaru,” katanya.

“Selanjutnya Rahman Wahidin dan Ropinska Jurusan Teknik Sipil akan ditempatkan di wilayah Gardu Induk PT Waskita di Peranap Indragiri Hulu. Juga, satu orang mahasiswa yang di tempati PT PLN Persero UID Kudus Jawa tengah, Sahala Tua Jurusan Teknik Elektro,” kata Guru Besar Bidang Teknik Unri ini menjelaskan.

Syaiful mengatakan kebanggaan terhadap program magang yang diselenggarakan. Dirinya mengapresiasi karena program magang bersertifikat ini sejalan dengan komitmen Unri dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan secara nasional. Diantaranya dengan menciptakan kemandirian dan prestasi mahasiswa yang handal melalui Wirausahaan sebesar 45 persen, yang tentunya bisa diperoleh jika mahasiswa telah memiliki kompetensi yang baik.

"Program mangang ini, sangat penting bagi perguruan tinggi khususnya bagi Unri. Dimana nantinya mahasiswa dapat memiliki bekal sebelum turun bekerja di perusahaan. Sehingga mahasiswa saat lulus nanti, tidak hanya dibekali dengan ijazah tetapi juga memiliki kompetensi yang bermanfaat dalam dunia kerja,”paparnya. 

Lebih lanjut, Syaiful menyampaikan mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN, sekaligus bisa membantu mereka untuk belajar dan memahami dunia kerja nantinya serta menjadi ajang transfer pengetahuan dari para praktisi kepada mahasiswa calon-calon tenaga kerja profesional, selama enam bulan ke depan guna mendukung program peningkatan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Peserta program ini terpilih, setelah melalui serangkaian uji seleksi yang telah di tentukan. Nantinya, selain mendapat wawasan luas tentang dunia kerja, mereka juga menerima sertifikat berskala nasional dan uang saku. Mereka akan menjalani program selama enam bulan, terhitung sejak mahasiswa tersebut di tempatkan,"pungkasnya. (pr-1)