Telkomsel Gelar The NextDev Talent Scouting 2019
Cari Berita

Advertisement

Telkomsel Gelar The NextDev Talent Scouting 2019

Minggu, 11 Agustus 2019


MEDAN, PARASRIAU.COM - Telkomsel kembali menggelar The NextDev Talent Scouting, ajang ini merupakan sebuah ajang pencarian early stage digital startup berdampak sosial di Indonesia. Di tahun kelima pelaksanaannya ini, The NextDev mengusung tema “Social Impact and Go Beyond” untuk menunjukkan komitmen Telkomsel dalam pembangunan ekosistem digital nasional, sekaligus tanggung jawab sosial perusahaan untuk melengkapi para startup dengan kapabilitas dan kompetensi bisnis digital yang dapat mendukung dampak sosial ekonomi positif yang tercipta bagi Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan The NextDev sejak pertama digelar sudah mendapat respon positif dari tahun ke tahun. Bermula dari fokus content creating di 2014, smart city di 2015, smart rural di 2016, core industry di 2017, hingga passion+purpose di 2018. The NextDev kali ini hadir dengan fokus ‘social impact dan go beyond’ untuk menghadirkan solusi bisnis yang berdampak sosial positif di Indonesia. 

"Kami ingin membukakan akses dan mendorong munculnya karya dari startup yang digawangi pemuda di seluruh penjuru negeri. Tidak hanya di wilayah pusat, tetapi juga di daerah lokal. Harapannya, inisiatif dan terobosan dari seluruh negeri dapat The NextDev bantu agar dapat berkontribusi secara tepat dan merata bagi masyarakat Indonesia, agar kita semua dapat terus bergerak maju,"ujarnya. 

Adapun peserta yang mengikuti ajang ini berjumlah 270 social impact startup terbaik se-Indonesia, dimana mereka akan mempresentasikan ide brilian mereka dalam Local Stage Pitch, yang berlangsung pada periode April hingga Oktober 2019 di sembilan kota yakni Jakarta pada 3 Mei, Denpasar pada 23 Mei, Palembang pada 27 Juni, Makassar pada 18 Juli, Medan pada 8 Agustus, Yogyakarta pada 29 Agustus, Pontianak pada 19 September, Semarang pada 10 Oktober, dan Surabaya pada 31 Oktober.

Untuk 30 startup terbaik dari sembilan kota akan memperoleh beberapa bentuk pengembangan startup  berupa 5G yakni Grant Money merupakan dana pengembangan untuk best of the best, Good Opportunities merupakan kesempatan memikat investor dan memperluas manfaat, Great Mentors merupakan ahli startup dan menggali insight baru, Generate Exposures merupakan kesempatan go international dan publikasi media, dan Golden Ticket to The NextDev Academy merupakan tiket untuk ikut program pengembangan early stage startup komprehensif. Namun, bentuk bantuan utama bagi startup terbaik akan diperebutkan di The NextDev Summit, November 2019.

Syarat mengikuti The NextDev Talent Scouting 2019 ini, yakni persyaratan utama bagi pendaftar adalah harus memiliki Minimum Viable Product (MVP) yang berdampak sosial positif untuk membantu kehidupan masyarakat di berbagai bidang. The NextDev Talent Scouting juga terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun.

9 startup yang terpilih untuk mengikuti tahap Local Stage Pitch di CoHive at Clapham Medan pada tanggal 8 Agustus 2019 yakni, 1. Muslimlife, 2. SCHLR, 3. Tobasmile, 4. TokoKarcis, 5. KlikGo, 6. Pastihebat.com, 7. KEPUL, 8. MONZA, dan 9. Ruang Mahasiswa. 
Para dewan juri yang terdiri dari Chief Product Officer KitaBisa.com Vikra Ijas, Head of Investments Telkomsel Nazier Ariffin, dan CEO & Founder eFishery Gibran Huzaifah, akan memilih 3-5 startup terbaik untuk melaju ke tahap National Stage Pitch di The NextDev Summit pada akhir bulan November 2019. Ingin Startup-mu yang akan mengubah Indonesia bersama The NextDev? Segera daftarkan pitch deck startup melalui www.thenextdev.id, paling lambat H-7 sebelum Local Stage Pitch di setiap kota. (pr-1)