Serahkan Mahasiswa Baru ke Fakultas, 6.627 Mahasiswa UR Ikuti PKKMB
Cari Berita

Advertisement

Serahkan Mahasiswa Baru ke Fakultas, 6.627 Mahasiswa UR Ikuti PKKMB

Senin, 05 Agustus 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Riau (Unri) laksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan penyerahan mahasiswa baru kepada seluruh Fakultas di lingkungan Unri. Kegiatan PKKMB ini diselenggarakan di lapangan open space Kampus Bina Widya Unri, Senin (5/8).

Seluruh mahasiswa baru ini langsung diserahkan oleh Rektor UR, Aras Mulyadi kepada masing-masing dekan fakultas yang ada dilingkungan UR. Dikatakan Aras, bahwa penerimaan mahasiswa baru tahun ini UR membuka berbagai jalur penerimaan. Dengan total mahasiswa yang diterima yakni sebanyak 6.627 orang mahasiswa. 

“Unri menerima mahasiswa diantaranya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 1.657 orang mahasiswa, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 2.398 orang mahasiswa, penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD)/ Penelusuran Bakat dan Minat (PBM) sebanyak 1070 orang mahasiswa, Jalur Mandiri Diploma Tiga (D-3) sebanyak 554 orang mahasiswa, Bina Lingkungan sebanyak 894 orang mahasiswa, Transfer Reguler sebanyak 36 orang mahasiswa, dan Afirmasi sebanyak 18 orang mahasiswa. Seluruhnya terdiri dari program Diploma, Transfer, dan Sarjana,” ujar Aras.

Dijelaskannya, bahwa tahun ajaran 2019/2020 ini, UR telah menerima sebanyak 45 ribu orang pendaftar. "Jadi dengan terpilihnya menjadi bagian dari UR, maka diharapkan seluruh mahasiswa baru dapat memanfaatkan kesempatan yang telah diraih. Jadilah mahasiswa yang dapat membawa manfaat di kampus, dimana mahasiswa juga merupakan generasi millennial yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara,” paparnya.

Rektor menambahkan bahwa UR adalah satu diantara institusi pemerintah dibidang pendidikan tinggi yang telah menyediakan sarana pendidikan untuk pengembangan diri manusia. Saat ini, UR memiliki sebanyak 29 Prodi yang berakreditasi A yang ada di Unri, dan 53 Prodi berakreditasi B, 4 Prodi berakreditasi C, dan 8 Prodi belum terakreditasi.

Adapun rincian mahasiswa baru yang diserahkan yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) sebanyak 1.064 orang mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 910 orang mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 604 orang mahasiswa, Fakultas Teknik sebanyak 981 orang mahasiswa, Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP) sebanyak 1.253 orang mahasiswa, Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 558 orang mahasiswa, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) sebanyak 559 orang mahasiswa, Fakultas Hukum (FH) sebanyak 358 orang mahasiswa, Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 153 orang mahasiswa, dan Fakultas Keperawatan (FKp) sebanyak 187 orang mahasiswa.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Riau Brigadir Jenderal TNI Edy Afrizal Natar Nasution SIP selaku pemateri dalam kuliah umum PKKMB, Direktur Kemahasiswaan Dr Didin Wahidin, Dirjen Belmawa Prof Dr Ismunandar, Deputi Bidang pencegahan, perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendrik Paruhuman Lubis, Wakajati Riau Dr Mia Amiati SH MH, Kapolda Riau Irjen Drs Widodo Eko Prihastopo MM. (pr-1)