Peringati HUT RI, Jasa Raharja Bersihkan 100 Rambu Lalu Lintas
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Peringati HUT RI, Jasa Raharja Bersihkan 100 Rambu Lalu Lintas

Jumat, 09 Agustus 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM Bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, Kamis (8/8) pagi melakukan pembersihan ratusan tiang rambu lalu lintas di Kota Pekanbaru. 

Kegiatan yang bertemakan "rambu bersih" ini dilaksanakan secara serentak oleh insan Jasa Raharja di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan keselamatan berlalu lintas.

Demikian diungkapkan Kepala Cabang Jasa Raharja Cabang Riau, Herry Kesuma, di area pembersihan di Jalan Diponegoro. 

Dikatakannya, ini wujud nyata BUMN hadir untuk negeri, dengan target sebanyak 100 lebih rambu lalu lintas menjadi target untuk dibersihkan oleh Insan Jasa Raharja Cabang Riau. Baik di Kantor Cabang, Kantor Perwakilan Dumai, Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR) Rengat, Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR) Duri dan di seluruh wilayah Samsat se-Provinsi Riau.

Melalui aksi rambu bersih ini, lanjutnya, diharapkan keberadaan rambu lalu lintas di wilayah Provinsi Riau dapat terlihat lebih bersih, terawat dan "eye catching", sehingga fungsi rambu lalu lintas dapat lebih optimal.

"Kegiatan ini sekaligus menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Memang kecelakaan bisa saja datang dimana-mana. Namun dengan bersihnya rambu ini, tentu kita berharap akan menjadi perhatian bagi pengendara sehingga bisa tertib berlalu lintas," harapnya.

Ia juga menegaskan bahwa aksi ini menjadi salah satu upaya Jasa Raharja dalam menekan dan mengurangi angka kecelakaan serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Pada kesempatan yang sama, pihak Jasa Raharja juga mensosialisasikna aplikasi JRku. Yakni dimana Jasa Raharja merupakan BUMN diamanatkan permerintah melaksanakan Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964 memberikan perlindungan dasar bagi korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan kecelakaan lalu lintas jalan.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas, tambahnya, Jasa Raharja senantiasa melakukan dengan semangat PRIME (Proaktif, Ramah, Ikhlas dan Empati) dan terus mejawab kebutuhan masyarakat sesuai era terkini.

"Seiring dengan kemajuan teknologi menjawab revolusi industri 4.0, Jasa Raharja telah melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan Jasa Raharja, yaitu aplikasi JRku. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store dan GeoglePlaystore. Terdapat 4 (empat) menu dengan berbagai manfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Keempat menu tersebut, katanya, yakni santunan online. Dimana masyarakat dapat melakukan tracking pengajuan santunan online. Menu kedua yakni kendaraan, dimana masyarakat dapat melakuan cek masa berlaku SWDKLLJ yang tertera pada STNK kendaraan bermotor.

Sementara menu kecelakaan, tambahnya, masyarakat dapat melaporkan kejadian kecelakaan lalu lintas secara real time, yang akan langsung ditindaklanjuti petugas yang berwenang (Kepolisian dan Jasa Raharja). Berikutnya "Safe my trip, yakni catatan perjalanan yang terkoneksi dengan GPS serta dapat mengetahui lokasi rawan kecelakaan. Juga dapat mengecek masa berlaku pembayaran iuran wajib (IWJR) penumpang angkutan umum.

"Khusus bagi Perusahaan Otobus (PO), melalui aplikasi JRku, pihak PO dapat langsung menyetorkan Iuran Wajib Jasa Raharja (IWJR)," pungkasnya. pr1