Minum Kopi Terbukti Tak Ada Kaitan dengan Sulit Tidur
Cari Berita

Advertisement

Minum Kopi Terbukti Tak Ada Kaitan dengan Sulit Tidur

Kamis, 08 Agustus 2019


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Sebagian besar orang percaya minum kopi menyebabkan sulit tidur. Namun para ahli punya bukti bahwa hal itu tidak benar.

The Telegraph (6/8) melaporkan, ada sebuah penelitian baru yang mengejutkan bahwa minum teh atau kopi dalam waktu empat jam sebelum tidur tidak berpengaruh dengan pola tidur. Dengan kata lain konsumsi teh dan kopi tak sebabkan orang sulit tidur. 

Peneliti dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School melakukan penelitian kepada 785 orang selama 5.164 hari, siang dan malam. Mereka mencatat banyaknya kafein, alkohol, dan nikotin yang mereka konsumsi. 

Sekitar 40% dari mereka mengaku telah minum kafein di satu hari ketika penelitian berlanjut. Namun ternyata untuk orang yang menderita insomnia, kafein tidak berpengaruh. Justru kafein dapat meningkatkan kesadaran dengan memblokir bahan kimia yang mampu meningkatkan tidur di otak. 

Kemudian para peneliti melakukan praktek laboraturim dengan memberikan tablet kafein kepada peserta studi untuk membuktikan efek susah tidur di malam hari. Namun justru, orang-orang dalam studi ini tidak mengalami efek apapun, melainkan jam tidurnya tetap normal. 

Menurut para ahli dengan minum kopi sebelum tidur akan membuat orang lebih terjaga saat mengantuk dan saat tidur. Dan jika orang mengonsumsi kafein dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan waktu tidur, sehingga Anda akan bangun lebih cepat. 

Meskipun selama ini kafein dikatakan membuat susah tidur, namun ternyata efektivitas kandungan kafein pada kopi tidak mampu mengerem rasa ngantuk.***

dilansir: detik.com