Masjid Quba, Masjid Pertama Dibangun Rasulullah dan Keistimewaannya
Cari Berita

Advertisement

settia

Masjid Quba, Masjid Pertama Dibangun Rasulullah dan Keistimewaannya

Kamis, 01 Agustus 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Masjid Quba terletak sekitar 3 km dari Kota Madinah. Masjid ini merupakan masjid yang pertama kali didirikan Rasulullah SAW saat berhijrah bersama Abu Bakar Ash-Shiddiq dari Makkah ke Madinah pada tahun 1 Hijriyah atau sekitar 622 M.

Keistimewaan masjid ini diabadikan Allah SWT dalam Alquran surat at Taubah ayat 108. Masjid ini memiliki 19 pintu, dua pintu untuk jamaah laki-laki dan satu pintu utama untuk jamaah perempuan. Selain itu, masjid ini juga sering dikunjungi Rasulullah SAW setiap hari sabtu. Banyak jamaah dari berbagai negara mengunjungi Masjid Quba ini, terlebih saat musim haji.

Nam Quba itu sendiri merupakan satu daerah yang terletak di wilayah Madinah. Jaraknya sekitar dua mil atau kurang lebih lima kilometer dari pusat kota Madinah. Berikut sejumlah keistimewaan Masjid Quba:


Dibangun atas Dasar Ketakwaan

Hanafi al-Malawi dalam bukunya Tempat Bersejarah yang dikunjungi Rasulullah SAW, menjelaskan, Nabi SAW tinggal di Desa Quba selama empat hari dan kemudian membangun sebuah masjid yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Quba.

Inilah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan Rasulullah SAW kepada Allah SWT.

"Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih," (QS At-Taubah [9]: 108).


Pahala Sama dengan Melaksanakan Umrah

Menurut hadis yang diriwayatkan Tirmidzi RA, orang yang melakukan shalat di Masjid Quba sama pahalanya dengan melaksanakan umrah. Seperti disebutkan dalam Sahih Bukhari, Nabi SAW terbiasa mengunjungi Masjid Quba dengan berjalan kaki atau jika tidak seminggu sekali. Abdullah bin Umar biasa mengikuti sunnah ini.

Dimuliakan Allah

Dalam riwayat lain disebutkan, masjid Quba ini adalah salah satu masjid yang paling disucikan (dimuliakan) oleh Allah setelah Masjid al-Haram (Makkah), Masjid Nabawi (Madinah), dan Masjid al-Aqsha (Palestina).

Pusat Perjuangan Dakwah

Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan penuh pengorbanan dan perjuangan. Allah SWT menyebutnya dengan dasar takwa, sebagaimana diterangkan dalam ayat 108 diatas.

Hal ini dikarenakan perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan agama Allah yang harus dilalui dengan penuh rintangan dan halangan. Kaum kafir quraisy hampir setiap saat selalu memantau dan mengawasi aktifitas Nabi SAW.

Dan ketika kesempatan berhijrah datang, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mendirikan masjid sebagai pusat perjuangan dan dakwah Islam. Ini pulalah yang dilakukan Rasulullah SAW begitu tiba di Madinah dengan mendirikan Masjid Nabawi, setelah sebelumnya membangun Masjid Quba.

Jadi, jika bapak/ibu berkesempatan untuk melaksanakan ibadah umroh ataupun haji, maka jangan sampai kehilangan kesempatan untuk mendapatkan dan meraih seluruh keistimewaan Masjid Quba saat melakukan ziarah ke lokasi masjid tersebut. (iwn)