Kampar Bakal Jadi Tuan Rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2020
Cari Berita

Advertisement

Kampar Bakal Jadi Tuan Rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2020

Rabu, 07 Agustus 2019


JAKARTA, PARASRIAU.COM – Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan menegaskan bahwa Kabupaten Kampar, Riau menyatakan siap menjadi tuan rumah dalam acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada 30 April mendatang. Dalam acara tersebut akan hadir Duta Keterbukaan Informasi, Prof Dr Mohammad Mahfud MD.

Zufra menyampaikan kesiapan Kabupaten Kampar untuk menjadi tuan rumah pada peringatan HKIN 2020 tersebut setelah PLH Bupati Kampar, Yusri dan pihak Dinas Kominfo Kampar melakukan pertemuan dengan Ketua Komisi Pusat, Gede Narayana beserta komisioner KIP Riau di Jakarta, Rabu (7/8).

“Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional insya Allah akan dipusatkan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau,“ ungkap Zufra di Jakarta, didampingi komisioner bidang Pengelesaian Sengketa Informasi (PSI) Hasnah Hazali dan Sekretaris KIP Riau, Erisman Yahya.

Kesiapan Kabupaten Kampar menjadi tuan rumah HKIN tersebut, menurut Zufra, Bupati Kampar sudah menyatakan kesanggupan dengan segala konsekuensinya.

“Beragam item akan dilakukan sempena HKIN di Kampar, yang paling utama adalah kampanye tentang keterbukaan informasi di hadapan seluruh kepala desa di Kabupaten Kampar berikut seluruh OPD,” rincinya.

Peringatan HKIN 2020 ini akan dihadiri oleh seluruh perwakilan Komisi Informasi se-Indonesia. “Pada puncak peringatan HKIN ini, di hadapan semua komisoner Komisi Informasi se-Indonesia akan menyaksikan MoU Keterbukaan Informasi bersama bupati dan walikota se-Riau dan disaksikan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo dan KPK,“ ujarnya.

Setelah pertemuan di Jakarta ini, Zufra beserta pihak-pihak terkait segera mematangkan dengan melakukan pertemun selanjutnya guna mendampingi Kabupaten Kampar dalam mempersiapkan kegiatan skala nasional ini.

“Kita bersama Bupati Kampar dan Dinas Kominfo Kabupaten Kampar akan segera mematangkan kegiatan sempena HKIN 2020. Jika soal teknis pendanaan kegiatan dan rencana item kegiatan sudah dimatangkan, agar terlaksana dengan sukses sesuai harapan kita bersama seterusnya kita akan menghadap Gubernur Riau, Pak Syamsuar,” kata Zufra.

Rangkaian kegiatan akan ditaja, sempena HKIN 2020 tersebut, seperti promosi Kabupaten Kampar. “Salah satunya bidang pariwisata Kabupaten Kampar. Kita akan meninjau semua objek wisata Kampar, seperti wisata sejarah Candi Muara Takus. Selain juga kita akan membawa tamu melihat wisata sejarah yang selalu menjadi tujuan wisatawan dalam maupun luar negeri, Istana Siak,” ujarnya.pr2