Diskes Inhil Hadirkan Dr Joss Riono dari Australia dalam Seminar Telemedicine
Cari Berita

Advertisement

Diskes Inhil Hadirkan Dr Joss Riono dari Australia dalam Seminar Telemedicine

Selasa, 13 Agustus 2019


TEMBILAHAN, PARASRIAU.COM - Untuk menanggulangi permasalahan terkini, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bersama Dr. Joss Riono , MSc, MPH, PhD yang sengaja dihadirkan dari Negara Australia menggelar Seminar Penggunaan Aplikasi Kesehatan Digital dan Telemedicine di Aula Hotel Top 5, baru-baru ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H. Zainal Arifin SKM,M.Kes dalam sambutannya mengatakan, seminar ini merupakan bentuk sosialisasi atau pengenalan terhadap penggunaan aplikasi kesehatan digital, terutama bagi penerapan telemedicine.

“Ini program aplikasi digital kita yang kesembilan. Sosialisasi ini sebagai bentuk pengenalan agar program ini tidak ditolak pengambil kebijakan di bidang kesehatan. Seperti Kepala Puskesmas, Dokter Puskesmas, pengambil kebijakan di Rumah Sakit, Dokter dan Dokter Spesialis. Semua mereka juga kita hadirkan,” jelasnya. 

Lanjutnya, salah satu manfaat yang dapat dirasakan setelah penerapan aplikasi telemedicine nantinya adalah tidak terjadinya penumpukan pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit di Ibu Kota Kabupaten.

“Misalnya Puskesmas memeriksa EKG pasien. Nanti hasil pemeriksaan dapat dikirimkan kepada Dokter di Rumah Sakit Kabupaten untuk didiagnosa. Pengiriman dilakukan melalui telemedicine ini. Nanti ada advis dari Dokter Kabupaten ke pihak Puskesmas terkait tindakan apa yang mesti diambil tanpa perlu ke Rumah Sakit Kabupaten,” paparnya.

Selain berfungsi untuk mengurangi penumpukan pasien di Rumah Sakit Daerah, tambah Zainal Arifin, penggunaan telemedicine juga dapat membantu efektifitas dan efisiensi pemakaian BPJS karena dapat digunakan di Puskesmas tiap Kecamatan sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

“Ini bagian dari seleksi awal di tingkat Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Dengan begini sistem BPJS juga berjalan. Kalau bisa selesai di tingkat Puskesmas untuk apa kita bawa ke Rumah Sakit di Ibu Kota Kabupaten. Karena memang terdapat beberapa kasus yang memang wajib diambil tindakan medis oleh Rumah Sakit di Ibu Kota Kabupaten," ujarnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Inhil, H. Syamsuddin Uti menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik penyelenggaraan seminar tersebut. Menurutnya, penyelenggaraan seminar akan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dunia kesehatan, khususnya di Kabupaten Inhil.

“Jarang sekali ditemukan di daerah setingkat Kabupaten penggunaan teknologi yang begitu mutakhir. Di Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil penerapan teknologi mutakhir sudah dilakukan,” kata Wabup Inhil.

Dirinya mengaku bangga, bahagia sekaligus terharu dengan kehadiran Dr Josh Riono yang tidak lain adalah sahabat karibinya. Kedatangan Dr Josh Riono ke Kabupaten Inhil selain untuk berbagi ilmu pengetahuan, juga bertujuan untuk bertemu denganya. “Kedatangan beliau ke sini untuk menemui saya. Sudah lama kami tidak jumpa. Saya terharu juga beliau mau datang ke sini dan jumpai saya,” ucapnya terharu.

Wabup juga berpesan kepada Dinas Kesehatan untuk memanfaatkan momen kehadiran Dr Josh Riono ke Kabupaten Inhil. Dia juga berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan seminar dengan serius. “Ini momentum buat kita, manfaatkan sebaik-baiknya. Jarang orang sekelas beliau mau datang secara suka rela untuk berbagi ilmu, mentrasfer ilmunya,” tutupnya.

Hadir dalam Seminar tersebut antara lain, Wakil Bupati Indragiri Hilir H. Samsudin Uti, Kepala RS 3 M Plus, Kepala RS Puri Husada dan peserta seminar lainnya dari unsur dokter dan Bidan Rumah sakit maupun Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir. rls