59 Titik Hotspot di Riau Terdetekasi Terbanyak di Sumatera
Cari Berita

Advertisement

settia

59 Titik Hotspot di Riau Terdetekasi Terbanyak di Sumatera

Kamis, 08 Agustus 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM – Jumlah titik panas (hotspot) kembali bertambah. Hari ini, terdeteksi lebih dari 100 titik panas yang tersebar di Pulau Sumatera. Dan paling banyak terdeteksi di Riau, yaitu ada 59 titik.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pagi ini terdapat 112 titik panas yang tersebar di sembilan provinsi di Sumatera. Dan lagi, Riau masih menjaid provinsi dengam titik panas terbanyak.

“Ada 112 titik panas yang terdeteksi di Sumatera pagi ini. Paling banyak terdeteksi di Riau, yaitu ada 59 titik,” ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, Mia Vadilla, Kamis (8/8/2019).

Sementara titik panas lainnya berada di Provinsi Aceh (3 titik), Jambi (13 titik), Kepulauan Riau (2 titik), Lampung (1 titik), Sumatera Barat (4 titik), Sumatera Selatan (15 titik), Sumatera Utara (2 titik) dan Bangka Belitung (15 titik).

59 titik panas yang berada di wilayah Riau tersebar di delapan wilayah Kabupaten. Dan titik panas terbanyak berada di Kabupaten Indragiti Hilir, yakni berjumlah 14 titik.

Kemudian di Kabupaten Siak terdapat 11 titik, Bengkalis, Pelalawan dan Indragiri Hulu, masing-masing terdapat 8 titik. Selanjutnya di Kampar dan Rokan Hilir masing-masing ada 4 titik serta du Kepulauan Meranti terdapat 2 titik.

Berdasarkan pantauan BMKG, 37 titik panas yang berada di Riau berada pada tingkat kepercayaan lebih dari 70 persen, dan diduga kuat merupakan titik api. (37 titik berada pada level confidance lebih dari 70 persen,” ujarnya.

37 titim tersebut yakni berada di Bengkalis (5 titik), Kepulauan Meranti (1 titik), Kampar (2 titik), Pelalawan (6 titik), Rokan Hilir (2 titik), Siak (7 titik), Indragiri Hilir (9 titik) dan Indragiri Hulu (5 titik).***

dilansir: metropekanbaru.com