3 Bahan Alam untuk Bungkus Daging Kurban
Cari Berita

Advertisement

settia

3 Bahan Alam untuk Bungkus Daging Kurban

Jumat, 09 Agustus 2019



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019 segera tiba. Momen yang dikenal dengan Hari Raya Kurban ini juga identik dengan menyembelih hewan kurban seperti kambing, domba maupun sapi.

Daging ini umumnya akan dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya. Dan biasanya daging yang dibagikan dibungkus kantong plastik.

Namun, penggunaan kantong plastik hitam untuk membagikan hewan kurban dinilai tidak baik. Bukan cuma bagi kesehatan tapi juga lingkungan.

Kantong plastik berwarna, terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang dan dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam berat, kotoran hewan atau manusia. Selain itu, dalam proses tersebut ditambahkan berbagai bahan kimia yang memberi dampak tak baik bagi kesehatan manusia.

Ternyata ada bahan alam yang bisa dipakai sebagai bungkus daging kurban, salah satunya daun patat.

Bukan tanpa alasan, kampanye menghindari penggunaan kantong plastik. Wadah ini menambah limbah mengingat sulit terurai yang mencemari lingkungan. 

Sebagai pengganti kantong plastik untuk wadah daging kurban, ada beberapa bahan alam yang bisa dipakai. 

Peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Susiarti dikutip Rabu 7 Agustus 2019 mengatakan, daun bisa digunakan untuk membungkus makanan yang biasanya mempunyai ukuran besar dan lentur. 

Beberapa daun malah dapat membuat makanan menjadi harum dan lebih tahan lama.  Daripada penasaran, berikut daftar pengganti kantong plastik.

Daun Patat (Maranta arundinacea)

Daun Patat banyak digunakan masyarakat kota Bogor sebagai pembungkus makanan seperti toge goreng. Nah ini bisa dipakai sebagai pengganti kantong plastik. Selain itu, daun ini juga digunakan sebagai pembungkus nasi untuk hidangan khas Bogor, doclang. 

Daun Jati (Tectona grandis L.f)

Daun ini sudah lama dipakai sebagai bungkus tradisional. Beberapa daerah di masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Barat, daun jati dipakai untuk membungkus makanan. 

Bentuk daun jati yang lebar dan bertekstur tebal membuat daun ini sering dipilih untuk membungkus bahan makanan cenderung basah. 

Daun Pisang (Musa paradisiaca)

Tumbuhan ini tumbuh di mana-mana dan daunnya kerap dipakai untuk beragam kebutuhan. Daun pisang kerap dipakai untuk membungkus makanan tradisional. Nah, karena ketersediaan daun ini banyak, bisa loh dipakai untuk membungkus daging kurban. 

Nah menurut kamu apakah ada daun lain yang bisa dipakai untuk membungkus daging kurban?***

dilansir: viva.co.id