Kampar International Dragon Boat Festival 2019
Cari Berita

Advertisement

settia

Kampar International Dragon Boat Festival 2019

Kamis, 18 Juli 2019


BANGKINANG - Kampar Internasional Dragon Boat Festival 2019 secara resmi dibuka. KIDBF 2019 ini langsung dibuka oleh Gubernur Riau, H Syamsuar yang dipusatkan di tepian Danau Rusa Areal PLTA Koto Panjang, Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau, Kamis (18/7), dengan ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Riau. 

Syamsuar mengaku sangat bahagia atas iven berlevel internasional yang pertama kali digelar di Riau ini. 

"Iven ini sangat bermakna bagi Riau, kami sangat menyambut baik kegiatan ini," ujar Syamsuar.

Menurut Syamsuar iven ini selain meningkatkan atlet berprestasi juga yang berpengaruh pada kunjungan wisata ke Riau.

Dia menyebut sektor pariwisata di Riau memang belum terkelola dengan baik dan sarana prasarana belum mencukupi. 

"Namun dalam perjalanan kita terus untuk memajukan perpariwisataan yang sangat potensial. Kegiatan ini merupakan salah satu untuk mengangkat kepariwisataan Riau," ujarnya.

"Sebetulnya kita sangat memiliki potensi yang kaya dalam meningkatkan pariwisata tinggal bagaimana pengelolaan lebih baik lagi," lanjut Syamsuar.

Pemprov Riau akan menjadikan agenda ini sebagai agenda rutin tahunan. "Kita sangat berterima kasih kepada Pemkab Kampar dan Pengurus Podsi Kampar serta KONI Kampar." katanya.

Selain potensi alam dan seni budaya, Kabupaten Kampar juga memiliki Candi Muara Takus. 

"Kemarin Tim ahli cagar budaya mendatangi saya, wisata religi Muara Takus yang kita usulkan warisan dunia, masih banyak yang harus dibenahi. Apa yang menjadi kebutuhan dan persoalan dapat kita persiapkan dan solusinya," sebut Syamsuar.

Dia bilang banyak pembangunan yang dilakukan pemerintah Provinsi Riau untuk Kampar. 

"Ke depan akan ada pembangunan tol, kita akan koneksikan dengan seluruh Kabupaten di Riau khusunya Kabupaten Kampar, dukungan tokoh masyarakat, ninik mamak, dan seluruh elemen sangat diperlukan," ujarnya.

Untuk Pelaksanaan KIDB festival ini Syamsuar meminta peserta agar dapat berlomba dengan menjunjung sportifitas. 

"Juri maupun atlet dan official dapat diakui oleh international, begitu juga dengan tim kesehatan. Ini akan memberikan penilaian tersendiri," tambahnya.

Menurut Syamsuar pagelaran International, dapat memberikan citra baik. "Berikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Semoga tahun depan lebih besar lagi dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata dia.

Sementara itu Plh Bupati Kampar Yusri iven ini sebagai penyemangat bagi pariwisata Kabupaten Kampar, yang akan memberikan dampak kemajuan kabupaten Kampar.

"Kita berharap emua atlet betah selama di Kampar, mereka juga sebagai turis di Riau khusunya Kampar, dan kita akan melayani dengan sebaik mungkin," ujar Yusri.***