Diselimuti Asap, Diskes Riau Imbau Pelajar Gunakan Masker
Cari Berita

Advertisement

settia

Diselimuti Asap, Diskes Riau Imbau Pelajar Gunakan Masker

Selasa, 30 Juli 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Dinas Kesehatan Riau menghimbau kepada seluruh pelajar untuk menggunakan masker. Hal ini disebabkan karena tebalnya kabut asap yang menyelimuti. 

Dikatakan Plh Kepala Dinas Kesehatan Riau, Yohanes bahwa pihaknya terus memonitor kondisi kualitas udara disejumlah daerah. Dari laporan yang masuk, terjadi peningkatan jumlah masyarakat datang ke puskesmas dan Rumah Sakit yang mengeluhkan sesak nafas atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Kabut asap semakin tebal, dan sudah banyak korban yang terdampak Ispa. Jadi berdasarkan data jumlah masyarakat yang terkena Ispa, maka kita harap masyarakat khususnya anak-anak untuk menggunakan masker” kata Yohanes.

Dijelaskannya, pihaknya akan terus berkoordinasi nenyampaikan laporan kejadian penyakit akibat dampak kebakaran hutan dan lahan. Laporan ini setiap hari akan diteruskan ke

Diskes juga melakukan promosi kesehatan bila ISPU sudah diatas 100 sd 200 keluarga rentan seperti bayi, balita dan ibu hamil untuk tidak kekuar rumah.

“Bagi anak sekolah disarankan menggunakan masker. Mohon maskernya di bagikan ke kelompok tersebut melalui diskes kabupaten dan kota,"paparnya. 

“Jadi surat edaran sudah kami sampaikan, edaran ini bersifat resmi dari dinkes Riau disebabkan situasi berkembang sangat cepat,”pungkasnya. (pr-1)