4 Tips Kembali Bugar setelah Haid
Cari Berita

Advertisement

settia

4 Tips Kembali Bugar setelah Haid

Kamis, 18 Juli 2019


PARASRIAU.COM - Saat sedang haid biasanya kita jadi sangat sensitif. Gampang marah-marah dan tubuh rasanya sakit semua. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh memang bisa membuat perubahan dalam diri kita.

Agar bisa kembali cepat bugar setelah haid, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Supaya suasana hati kembali membaik dan tubuh terasa lebih berenergi, kita bisa mencoba melakukan sejumlah hal. Seperti hal-hal berikut ini.

1. Tingkatkan Energi Tubuh dengan Olahraga

Dilansir dari womenontopp.com, kadar estrogen dan progesteron tubuh setelah haid akan berada pada titik terendah dalam siklus haid. Meski kondisi ini sering diartikan sebagai energi dan libido yang rendah, tapi banyak perempuan yang merasa justru lebih bersemangat. Disarankan untuk melakukan olahraga dan bergerak aktif untuk meningkatkan energi tubuh. Dengan cara ini, nantinya tidur bisa lebih nyenyak.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Berbagai jenis makanan kaya kalsium baik dikonsumsi setelah haid. Dikutip dari rubycup.com, kita bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti kale dan bayam. Nafsu makan mungkin akan menurun tapi makan teratur akan tetap sangat dibutuhkan. Bahkan ini waktu yang terbaik untuk lebih fokus membangun pola makan yang lebih sehat.


3. Luangkan Waktu untuk Mengendurkan Saraf-Saraf Tubuh

Meditasi, minum secangkir teh chamomile hangat, atau melakukan gerakan yoga bisa dilakukan untuk mengendurkan saraf-saraf tubuh. Sebagian dari kita mungkin akan merasa stres setelah haid selesai. Maka perlu untuk mengambil jeda istirahat sejenak agar bisa rileks dan mengembalikan suasana hati jadi lebih baik.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Segar

Ganti camilan yang kurang sehat dengan buah dan sayur segar. Terlebih bila selama haid, camilan yang kita konsumsi kurang sehat dan cenderung junk food. Penting untuk mengembalikan kebugaran tubuh dengan pola makan yang lebih sehat. Dengan pola makan yang lebih sehat, ke depannya siklus haid bisa lebih teratur.

Perubahan hormon dalam tubuh bisa memengaruhi energi tubuh, kebutuhan nutrisi, dan daya konsentrasi kita. Tetap semangat menjaga pola makan dan pola makan sehat ya agar tubuh bisa selalu bugar.***