Peresmian Pojok Statistik di FEB UIR, Terrobosan BPS Ciptakan Kampus Tinggi Literasi
Cari Berita

Advertisement

Peresmian Pojok Statistik di FEB UIR, Terrobosan BPS Ciptakan Kampus Tinggi Literasi

Jumat, 20 Mei 2022

Peresmian pojok stastistik BPS di FEB UIR. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Riau dipilih oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Riau menjadi salah satu Perguruan Tinggi untuk dibangun pojok statistik di Provinsi Riau. Peresmian pojok statistik praktis di Ruang Auditorium Gedung Rektorat Universitas Islam Riau Lantai 4 pada Kamis (19/5/2022).


Dipilihnya Universitas Islam Riau sebagai salah satu kampus yang dipilih oleh BPS adalah berdasarkan tindak lanjut dari MoU yang pernah dilaksanakan oleh UIR dan BPS Riau beberapa waktu lalu.


Kepala BPS Provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M.Si selaku penyelenggara peresmian pojok statistik UIR dalam sambutannya mengatakan sebelumnya, Universitas Islam Riau dipilih berdasarkan tindak lanjut MoU yang pernah dilaksanakan.


"Karena dukungan dan upaya yang besar ini, sinergitas kita dalam membangun pojok statistik bisa terlaksana dengan baik. Kami berterima kasih kepada pihak UIR yang berkolaborasi dengan kami dalam program menciptakan kampus-kampus tinggi literasi statistik. Yaitu dengan pojok pojok kami berharap selain berguna untuk mahasiswa tetapi juga dapat maksimal digunakan oleh civitas akademika lainnya,” ujar Misfaruddin.


Sebagai tuan rumah yang ditunjuk untuk didirikannya pojok statistik Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL menuturkan, kevalidan data tentulah hal yang sangat penting. Sebab, hal ini penting untuk proses belajar mengajar bagi dosen dan mahasiswa.


"Dengan peresmian pojok statistik ini akan menjadi langkag baru. Untuk itu kita berharap akan ada langkah-langkah selanjutnya yang dapat kita laksanakan untuk pengembangan kedua lembaga kedepannya," ungkap Prof Syafrinaldi.


Turut hadir dalam acara peresmian Pojok Statistik UIR Kepala BPS Republik Indonesia Dr. Margo Yuwono, S.Si, M.Si mengatakan, didirikannya Pojok Statistik di perguruan tinggi berguna untuk mengedukasi para pemangku kepentingan terkait edukasi dasar mengenai statistik dan layanan informasi serta data yang valid, bagi para mahasiswa dan dosen yang terutama ada di UIR “BPS memberikan layanan yang luas bagi masyarakat, layanan yang kami berikan berupa data. Data yang konkret, valid dan update adalah bagian dari tugas dan layanan kami," ujar Margo Yuwono


Acara lalu dilanjutkan dengan pemukulan gong secara simbolis oleh Ketua BPK RI bersama dengan Rektor UIR, Dekan FEB UIR dan jajaran pimpinan UIR maupun BPS Riau serta pelantikan agen statistik UIR yang terdiri dari Delapan mahasiswa yang berasal dari berbagai prodi yang ada di FEB UIR. (*)


Editor: M Ikhwan