Warga Dalam Maupun Luar Kota yang Ingin Vaksin di RSD Madani Cukup Bawa KTP Saja
Cari Berita

Advertisement


Warga Dalam Maupun Luar Kota yang Ingin Vaksin di RSD Madani Cukup Bawa KTP Saja

Rabu, 26 Mei 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Pemko Pekanbaru menfasilitasi vaksin massal di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani setiap hari bagi warga dalam dan luar Kota Pekanbaru yang ingin divaksin Covid-19. Dalam satu hari, ditargetkan sebanyak 2000-2500 dosis vaksin.


Kegiatan ini akan berlangsung hingga Sabtu (29/5), tidak ada syarat khusus bagi warga yang ingin mendapat vaksin, cukup membawa kartu identitas (KTP), baik dalam Kota Pekanbaru maupun kartu identitas luar kota.


"Untuk warga bisa langsung datang kesini (RSD Madani). Tak terkhusus bagi warga Kecamatan Tuah Madani atau warga Kecamatan Tuah Karya saja, bagi warga yang memiliki kartu identitas luar juga bisa, atau warga yang kebetulan sedang berada didekat lokasi, silahkan saja mendaftarkan diri untuk di vaksin," sebut Sekretaris Camat (Sekcam) Bina Widya, Defna Leony SIP MSi saat melakukan pengawasan di kegiatan vaksinasi, Selasa (25/5).


Pihaknya menargetkan warga berumur 18 tahun lebih dapat divaksin seluruhnya, begitu juga dengan warga Lanjut Usia (Lansia) yang berumur 60 tahun lebih.


"Bagi warga Lansia, mana yang tidak bisa datang ke lokasi akan kita datangi. Begitu juga warga yang sekiranya tidak memiliki kenderaan untuk datang ke lokasi juga akan kita datangi," jelasnya.


Untuk mengurangi kerumunan, lanjut Defna, ada baiknya warga yang ingin mendapat vaksin untuk dapat mendaftarkan diri ke pihak RT RW. Dengan tujuan, agar waktu vaksinasi dapat ditentukan sesuai dengan nomor yang didapatkan.


"Apabila di koordinir oleh RT RW juga bisa, kalau seperti itu tentunya jadwal kedatangan dapat kita atur supaya tidak terjadi kerumunan. Kalau ingin datang sendiri juga bisa," tambahnya.


Dalam kegiatan vaksinasi ini, pihaknya telah menyiapkan tiga tenda di kawasan RSD Madani. Warga yang baru datang dipersilahkan untuk duduk ditenda tunggu. Setelah itu diarahkan ke tenda kedua, dimana warga mendapatkan formulir dan nomor antrian.


Kemudian, warga diarahkan ke tenda ketiga tempat menunggu setelah mendapat nomor antrian. Di tenda tersebut, warga menunggu panggilan dari petugas untuk masuk ke ruangan vaksinasi yang berada di lantai 1, lantai 2 dan lantai 3 RSD Madani.


"Disini ada 15 tim vaksinator yang siap melayani dan terbagi di tiga lantai. Didalam sana juga dibatasi, warga yang sudah memiliki nomor antrian akan dipanggil untuk masuk kedalam ruangan vaksinator," sambungnya.


Kegiatan vaksinasi ini melayani warga mulai dari pukul 08.00 WIN hingga pukul 17.00 namun tidak menutup kemungkinan kegiatan tetap berlanjut jika masih ada antrian meski sudah melewati waktu yang ditentukan.


"Alhamdulillah sudah berjalan selama tiga hari ya, rata-rata kita dapat 1500 sampai 1800 warga yang di vaksin dalam satu hari. Batasnya sampai jam 17.00 WIB, namun tetap dilanjutkan jika masih ada antrian," tutup Defna mengakhiri. ***